Peringati Bulan Bung Karno, Hasanuddin Luncurkan Lampu Hasanah

Categories: Berita

Dalam rangka memeringati bulan Bung Karno setiap Juni, kader PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar bakti sosial dengan kegiatan bermanfaat untuk masyarakat.

Mereka meluncurkan inovasi yang diberi nama Lampu Hasanah di Dusun Tanjakan Meja, Desa Kutanagara, Kecamatan Ciampel.

Lampu yang namanya sesuai dengan dengan nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 2 ini menggunakan teknologi baterai accu atau aki.

Dengan inovasi ini, masyarakat di daerah bisa menikmati aliran listrik.

“Alhamdullilah untuk saat ini kita bisa mengaliri 50 rumah warga,” jelas Margono, Kader PDI Perjuangan Ciampel di lokasi peluncuran, Rabu (5/6/2018).

Margono mengatakan, inisiatif Lampu Hasanah tidak terlepas dari kondisi masyarakat Tanjakan Meja yang belum teraliri listrik.

Padahal rumah-rumah mereka tidak jauh dari kawasan Industri.

Menyadari hal itu, Margono kemudian berdiskusi dengan Anggota DPC PDI Perjuangan Karawang dan Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Hasanuddin (Kang Hasan) yang juga calon gubernur Jawa Barat.

“Kemudian Kang Hasan mendatangi desa yang tak jauh dari pusat industri itu. Beliau merespons dengan tawaran teknologi yang sederhana yang murah dan bisa terealisasikan tanpa menunggu lama,” ungkap Margono.

Lampu Hasanah menggunakan lampu LED yang suistanable.

Satu paket Lampu Hasanah terdiri dari 5 lampu 10 watt. Lampu ini bisa dinyalakan dengan bantuan accu yang juga bisa digunakan untuk charger ponsel.

“Untuk nge-charge aki ini pake genset dengan 2.500 watt. Jadi jika habis warga bisa nge-charge dengan genset yang sudah kita siapkan,” ungkap Koni, Kepala Teknisi Lampu Hasanah.

“Idealnya aki habis dalam waktu 2 sampai 4 minggu. Mereka harus nge-charge dengan genset yang disiapkan panel charger-nya,” tambahnya.

Sementara itu, Hasanuddin atau yang biasa disapa Kang Hasan mengungkapkan, inovasi Lampu Hasanah sangat tepat diluncurkan dalam peringatan Kelahiran Pancasila dan Bulan Bung Karno yang memang harus diisi dengan kegiatan-kegiatan positif.

“Kami ingin memberikan contoh bahwa setelah sekian tahun kita merdeka masih banyak yang belum teraliri listrik. Kita harus memberikan solusi, contohnya yang dilakukan oleh kader kader PDI Perjuangan ini,” imbuhnya.

Kang Hasan menambahkan, inovasi yang dilakukan kader-kadernya di Karawang adalah bentuk pengamalan Pancasila yang mampu menyebarkan virus keadilan sosial.

“Harapannya semua bisa mengikuti kawan-kawan di Karawang. Terutama pemerintah yang memiliki kewenangan,” bebernya.

Pemerintah, sambung dia, diharapkan tidak lepas tangan ketika menghadapi persoalan masyarakat.

Untuk itu, dia juga berkeinginan menerapkan Lampu Hasanah ini jika dirinya diberikan amanah menjadi gubernur Jawa Barat.

“Masyarakat di Jabar Selatan masih banyak yang belum teraliri listrik. Jika kita diberikan amanah kita perbanyak Lampu Hasanah ini. Ini buktinya,” tandasnya. regional.kompas.com

Author: hasanah editor

Leave a Reply