LIFE STYLE

1 Dari 3 Wanita Merasakan Kesepian Ketika Lockdown

Hasanah.id – Satu dari tiga wanita menderita kesepian ketika lockdown, penelitian baru-baru ini mengungkap hal tersebut.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ekonom di University of Essex, wanita mengalami lebih banyak masalah dengan kesehatan mental daripada pria selama wabah korona virus.

Sebagai contoh, jumlah orang yang melaporkan setidaknya satu masalah kesehatan mental yang mendasarinya telah meningkat dari tujuh persen menjadi 18 persen selama pandemi.

Bagi wanita, angka ini telah meningkat dari 11 persen menjadi 27 persen.

Para peneliti menyarankan perbedaan itu bisa jadi karena tuntutan yang lebih besar ditempatkan pada perempuan dalam hal pengasuhan anak dan tugas rumah tangga.

Studi ini menemukan bahwa lebih dari sepertiga wanita (34 persen) melaporkan merasa kesepian selama lockdown, sementara 11 persen mengatakan mereka sering merasa kesepian.

Untuk pria, 23 persen mengatakan bahwa mereka terkadang kesepian dan hanya enam persen melaporkan merasa kesepian.

Penelitian ini didasarkan pada wawancara online menggunakan UK Longitudinal Study UK.

“Studi awal yang diproduksi sejak awal pandemi Covid-19 telah menemukan kesehatan mental yang memburuk, khususnya jelas bagi wanita,” kata studi tersebut.

“Menggunakan data yang banyak, kami mendokumentasikan temuan serupa untuk Inggris. Kami menambah penelitian yang ada ini dengan menunjukkan bahwa banyak kesenjangan gender dalam kesejahteraan dapat dijelaskan oleh perbedaan gender dalam faktor sosial dan peningkatan perasaan kesepian.

“Kami juga menunjukkan bahwa perbedaan gender dalam penggunaan waktu dan tanggung jawab kepedulian terkait keluarga tampaknya berperan.”

Tags
Back to top button
Close
Close