Atalia Kamil : Keberhasilan Program KKBPK Di Lihat Dari Petugas Lapangan KB - Hasanah

Atalia Kamil : Keberhasilan Program KKBPK Di Lihat Dari Petugas Lapangan KB

Ketua Pembina PKK Jawa Barat, Atalia Praratya menilai, keberhasilan Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) tentunya tidak terlepas dari petugas lapangan KB sebagai ujung tombak.

Menurutnya, sebagai petugas lapangan KB, mereka menjadi garda terdepan yang bertugas di desa-desa dalam memberikan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) program KKBPK secara langsung kepada masyarakat. 

“Sebagai ujung tombak, petugas lapangan KB harus mampu menyampaikan informasi pesan-pesan KIE. Pesan KIE harus dikemas secara baik dan manarik, simpel, bahasanya mudah dan sederhana. Sehingga informasi KB mudah diterima, cepat dipahami dan bermakna bagi masyarakat,” ucap Atalia, usai kegiatan Pasanggiri Kreatifitas KIE Pengelola Program KKBPK di tingkat Desa, di Dago Tea House, Kota Bandung, Kamis (22/8).

Dikatakan Atalia, dalam upaya merespons potensi kecakapan para petugas lapangan, maka dirasa perlu sebuah wadah yang dapat memfasilitasi munculnya potensi-potensi tersebut, yang dikemas melalui kegiatan Pasanggiri Kreatifitas KIE Pengelola Program KKBPK di tingkat desa.

“Kegiatan hari ini yang difasilitasi oleh Kader BKKBN Jabar yang didukung oleh 18 Kab/kota di Jabar dengan semua peserta yang terlibat berasal dari desa/kelurahan, yang kesemuanya akan menampilkan semua aktifitas dan kreatifitas kader,” katanya.

Untuk itu, Atalia yang juga Ketua Pembina KB dan PKK Jabar mendukung agar semua peserta menampilkan informasi dengan cara-cara kreatif.

“Baik dalam bentuk kesenian, atau apapun bentuk lainnya, baik vokal group, pantun, gerakan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jabar, Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan IMP dalam melaksanakan KIE.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas Pos KB dan Kader Kampung KB dalam proses KIE di tingkat desa,” tandasnya.

Total
0
Shares
Related Posts