PEMPROV JABAR

Baznas Jabar Fasilitasi kepulangan Puluhan Warga Jabar dari Wamena Papua

Hasanah.id– Pasca kerusuhan Wamena di Kabupaten Jayawijaya Papua terus berlanjut hingga warga kembali ke kabupaten/kota masing-masing. Kini Wamena tidak lagi kondusif sebagai  tempat tinggal dan mencari penghidupan  bagi warga pendatang. Dalam hal ini, Baznas Provinsi Jawa Barat memfasilitasi kepulangan 54 orang warga Jawa Barat dari Wamena Papua, Rabu (9/10/2019).

Sebelumnya tim Baznas Jabar melakukan assessment terhadap warga asal Jabar yang ada di Papua. Bentuk assessment yang dilakukan adalah dari sisi traumatik psikologis, sosial dan ekonomi. Hasilnya ada 69 orang warga yang ingin kembali ke kampung halamannya di Jawa Barat. Sisanya, sebanyak orang menetap di Wamena, Papua.

”Terhadap mereka yang masih bertahan di Wamena Baznas Indonesia akan memberikan bantuan berupa layanan dapur umum, bantuan logistik, layanan dukungan psikologi sosial, hingga proses bantuan pembangunan Hunian sementara (Huntara),” papar Ketua Baznas Jabar KH. Arif Ramdani yang turut hadir dalam penjemputan warga asal Jawa Barat di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Tidak hanya menjemput, tapi Baznas Jawa Barat juga ikut mendampingi dalam perjalanan sampai ke Bandung, setelah melihat keadaan mereka. ”Mereka sangat layak untuk dibantu dan difasilitasi. Sebab, mereka orang-orang yang mendapatkan kesulitan,” kata Arif sambil menambahkan, Baznas Jayapura juga memberikan bantuan berupa layanan kesehatan dan dapur umum.

Dia mengatakan, ke 69 orang warga Jabar tersebut akan dilepas oleh Gubernur Jawa Barat menuju daerah asal, Rabu malam (9/10/2019) di Gedung Pakuan.

Sementara itu, situasi terkini pasca konflik horizontal sudah mulai kondusif. Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) juga sudah mulai berjalan seperti biasa dengan pengamanan dari TNI dan Polri.

Tags
Back to top button
Close
Close