LIFE STYLE

Bill Gates : AS Tidak Melakukan Usaha Yang Terbaik Untuk Memerangi Pandemi

Hasanah.id – Pendiri Microsoft, Bill Gates, mengatakan bahwa pandemi coronavirus saat ini, baik secara global maupun di AS, “lebih suram” daripada yang diharapkannya.

Berbicara kepada Anderson Cooper dan Dr. Sanjay Gupta di Corona virus Town Hall, Gates mengatakan fakta bahwa orang-orang masih sekarat di AS hari ini menunjukkan bahwa negara itu tidak melakukan hal banyak untuk memerangi pandemi.

“Adalah mungkin untuk meningkatkan pengujian untuk patogen baru dengan sangat, sangat cepat,” katanya.

“Sebenarnya sejumlah negara melakukannya dengan sangat baik dalam hal ini dan teknologinya terus membaik di sana. AS khususnya belum memiliki kesan kepemimpinan atau koordinasi yang kita harapkan.”

Delapan minggu yang lalu, ketika Gates menjadi tamu terakhir di corona virus town hall, angka kematian di Amerika mencapai 63.000 dengan lebih dari satu juta kasus tercatat. Hari ini, angka-angka itu telah berlipat ganda setidaknya ada 2,4 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di AS, dan lebih dari 122.000 orang telah meninggal, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Gates menghubungkan kenaikan jumlah karena kurangnya test dan pengawasan, serta kurangnya pemakaian masker. Dia mengatakan negara-negara lain yang telah melakukan hal-hal itu secara efektif telah membuat angka penyebaran menurun.

“Rentang perilaku masyarakat di AS saat ini, beberapa orang sangat konservatif dengan apa yang mereka lakukan, dan beberapa orang mengabaikan epidemi, sangat besar,” kata Gates.

“Beberapa orang hampir merasa itu ini adalah masalah politik yang tidak menguntungkan,” tambahnya, sesuatu yang menurutnya tidak dia harapkan di Amerika.

Dia juga menyatakan kekecewaannya dengan apa yang disebutnya kurangnya kepemimpinan AS untuk mengatasi virus ini secara global, yang telah menyebabkan negara-negara berkembang seperti Brasil dan India menanggung beban terbesar dari penyakit ini.

Namun, dia mengatakan dia tetap berharap bahwa AS akan “meningkatkan” dan membantu mendapatkan peralatan kesehatan, khususnya vaksin, kepada semua orang di dunia.

Tags
Back to top button
Close
Close