LIFE STYLE

Bulan Depan Android akan Dapat Sistem Pelacakan COVID-19

Hasanah.id – Google mengonfirmasi bahwa ponsel-ponsel Android akan mendapat sistem pelacakan COVID-19 dengan memperbarui perangkat melalui Google PlayStore. Sistem mulai diluncurkan paling lambat bulan Mei mendatang.

Sistem pelacakan COVID-19 akan berjalan di Android 6.0 Marsmallow atau yang lebih tinggi.

Sistem pelacakan COVID-19 merupakan hasil kerja sama antara Google dan Apple yang memanfaatkan teknologi Bluetooth untuk melacak pergerakan orang dan dengan siapa mereka melakukan kontak dekat.

Sistem akan memberi tahu ponsel dalam jarak sekitar 6 kaki atau 1,8 meter dan dapat merekam informasi anonim tentang pertemuan dengan orang-orang.

Orang yang dites positif virus corona dapat memilih untuk mengirim daftar telepon terenkripsi ke Apple dan Google, dan akan memicu peringatan kepada pengguna yang berpotensi terpapar untuk mencari informasi lebih lanjut.

Dikutip dari The Verge, Google mengatakan sistem pelacakan mulai diluncurkan pada bulan Mei 2020 dan sudah terintegrasi ke dalam sistem operasi.

Ada beberapa perangkat Android yang tak akan mendapatkan sistem pelacakan yakni semua perangkat Android di Tiongkok dan semua ponsel Huawei yang telah mendapat pembatasan dari pemerintah Amerika Serikat.

Google tidak diperbolehkan mengekspor perangkat lunak ke Huawei, yang berarti tidak dapat menerapkan sistem pelacakan ke perangkatnya karena tidak dapat memasukkan Chrome atau Gmail.

Namun, Google juga menerbitkan kerangka kerja yang bisa digunakan Huawei untuk mereplika sistem pelacakan yang dikembangkan Apple dan Google.

Kemudian akan tergantung pada Huawei, Xiaomi, dan produsen Tiongkok lainnya (atau pemerintah Tiongkok) untuk memutuskan apakah akan menggunakan sistem.

Google menolak berkomentar tentang seperti apa sistem tersebut, tetapi Google mencatat akan menawarkan audit kode kepada perusahaan yang ingin mengadopsi sistem yang sama.(*)

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close