Berita

Cegah Kerumunan Warga, Pemkab Cianjur Tutup Operasional Pertokoan

Hasanah.id – Pemkab Cianjur, Jawa Barat akan menutup kawasan pertokoan dan pusat perbelanjaan non pangan. Kebijakan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan warga yang berpotensi menyebabkan penyebaran dan penularan virus Corona (Covid-19).

Rencananya kebijakan itu akan mulai diterapkan Selasa (26/5/2020), besok. Pemerintah setempat melalui petugas gabungan sudah menyosialisasikan dengan menyebar sejumlah pamflet dan stiker pemberitahuan di setiap toko di wilayah itu.

Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan bahwa petugas telah menyosialisasikan pemberlakuan larangan tersebut dengan memasang stiker tutup bagi toko pakaian dan toko lainnya yang bukan menjual sembako, termasuk toko yang berada di dalam pusat perbelanjaan dan mal.

Masalahnya, kata Herman, hingga saat ini masih terlihat kerumunan warga di pusat pertokoan dalam kota dan stan pakaian di pusat perbelanjaan.

“Mulai besok (26/5), toko pakaian dan stan pakaian akan ditutup untuk mengurangi kerumunan. Hal yang sama juga diterapkan di kecamatan yang diberlakukan PSBB parsial tahap dua,” katanya.

“Hanya toko sembako yang diperbolekan buka, sedangkan yang lainnya baik pertokoan tengah kota atau toko pakaian di dalam pusat perbelanjaan modern tutup, termasuk toko pakaian dan kebutuhan sekunder lainnya di pasar tradisional harus tutup. Khusus toko dan kios sembako, tetap buka dengan batas waktu,” katanya menjelaskan.

Toko/kios sembako di pasar tradisional tetap buka mulai pagi hingga malam. Hal ini sebagai upaya maksimal dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 serta mempersempit ruang gerak warga selama pemberlakuan PSBB parsial di 16 kecamatan di Cianjur.

Ia menegaskan bahwa pemilik atau pengelola harus mematuhi larangan tersebut. Jika melanggar, akan dikenai sanksi tegas sampai pencabutan izin.

“Kami berharap upaya cepat penanganan COVID-19 dapat dilakukan secara maksimal sehingga Cianjur kembali ke zona hijau dengan nol kasus,” katanya.

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close