Berita

Disnaker Kota Cimahi Terus Pantau Riwayat Kesehatan TKA di Cimahi

Hasanah.id-Untuk mengantisipasi Coronavirus Disease (Covid-19, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Cimahi terus memantau riwayat kesehatan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di berbagai perusahaan di Kota Cimahi.

Awal Februari lalu, Disnaker Kota Cimahi telah melayangkan surat imbauan kepada seluruh perusahaan di Kota Cimahi yang mempekerjakan TKA untuk melaporkan riwayat kesehatannya. Kini baru ada 11 perusahaan yang melaporkan, dari sekitar 35 perusahaan yang mempekerjakan TKA.

“Dari 11 perusahaan, sekitar  55 TKA sudah melaporkan dan kondisinya baik dan sehatnya,”ujar  Kepala Bidang Penempatan Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Disnaker Kota Cimahi, Isnendi, Rabu (18/3/2020).

Lanjut Isnendi mengatakan, pihaknya rencana akan melayangkan surat edaran susulan lagi bagi perusahaan yang belum melaporkan riwayat kesehatan para TKA-nya.

“Intinya terkait langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tempat kerja,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta tenaga kerja baik asing maupun lokal yang baru pulang dari luar negeri, khususnya negara terdampak virus corona agar mengkarantina diri masing-masing selama 14 hari.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Romi Abdurakhman menambahkan, sebetulnya yang perlu diwaspadai saat ini adalah paparan dari negara lain selain China. Seperti Jepang, Korea hingga Italia.

“Kalau dari China kan penerbangan sudah lock down, relatif aman. Cuma kan bahayanya dari wilayah terdampaknya,” ujarnya.

Untuk itu, untuk sementara ini Romi menyarankan masyarakat Kota Cimahi untuk menahan diri melakukan penerbangan ke luar negeri. ”Kalau enggak penting-penting amat, menurut saya cancel aja penerbangan. Sebagai antisipasi saja,” imbuhnya.

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close