Berita

DPD PDI Perjuangan Jabar Siap Berkomitmen Mengawal Pemulihan DAS Citarum

Hasanah.id– DPD  PDI  Perjuangan Jawa Barat menggelar Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Hutan sebagai Simbol Peradaban”  dengan mengikutsertakan seluruh stakeholder yang terkait persoalan DAS Citarum.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono ST dalam sambutannya  mengatakan permasalahan DAS Citarum, hutan dan lingkungan hidup menjadi konsentrasi DPD PDI Perjuangan Jabar. Utamanya kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum  sebagai  permasalahan lingkungan yang harus segera diselesaikan.

Lanjut Ono, sasaran yang ingin dicapai dalam FGD ini adalah menggagas terwujudnya hutan “ Leuweung Pajajaran” dengan penanaman tanaman endemik khas Jawa Barat di kawasan Bandung Selatan sebagai upaya merangkul para tokoh pemerhati dan penggiat lingkungan hidup serta masyarakat di kawasan hulu Citarum.

“Hutan tanaman ini sekaligus sebagai hutan  konservasi dg kearifan budaya lokal, yang nantinya akan menjadi sebuah kawasan hutan yang diberi nama Leuweung Pajajaran,” ujarnya.

Ono memaparkan bahwa gerakan pelestarian hutan dalam hal ini penanaman dan pemeliharaan pohon harus selaras dengan budaya kesundaan. Kegiatan ini sekaligus akan mengawali rangkaian peringatan HUT ke-47 PDI Perjuangan , tanggal 10 Januari 2020, sekaligus memperingati Hari Menanam Internasional yang jatuh pada tanggal tersebut.

“10 januari 2020 pencanangan sejuta pohon yang digagas DPD PDI Perjuangan Jawa Barat,”pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Dirjen PDASHL Kementerian Lingkungan Hidup, Hudoyo, Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta 10 DPC PDI Perjuangan yang bertanggung jawab serta mengawal program pemulihan DAS Citarum. Kus/uwo

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close