ADIKARYA PARLEMENBeritaHeadline

DPRD Jabar Apresiasi Langkah Gubernur Jabar Perpanjang PSBB Proporsional di Wilayah Bodebek

ADIKARYA PARLEMEN

Hasanah.id – Diperpanjangnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, serta Kabupaten dan Kota Bekasi selama 14 hari hingga Kamis (16/7) yang akan datang, diapresiasi Anggota DPRD Jabar Komisi I Waras Wasisto.

 Waras menyebutkan, jika Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengambil langkah antisipasi penanganan virus pandemi Covid-19 sudah sangat tepat. Mengingat wilayah Kabupaten/Kota Bodebek epidemiologi dengan wilayah DKI Jakarta yang masih dinamis, fluktuatif, dan belum bisa terprediksi.

“Saya kira langkah pak Gubernur Jawa Barat sudah tepat dengan tetap menerapkan kewaspadaan sebuah wilayah atau daerah. Tentu hal ini perlu di tindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten/kota sesuai dengan hasil evaluasi dan harus menjadi perhatian kita semua,” ujar Waras, selaku Koordinator Gugus Tugas Lawan Covid-19 DPRD Jabar.

Untuk dapat menurunkan angka penularan, menurut Waras, tidak mungkin hanya pemerintah saja yang mengatasi. Masyarakat juga harus memahami bahwa situasi pandemi Covid-19 sekarang ini tidak main-main.

Penjelasan pada publik secara terus menerus soal bagaimana menjalankan normal baru atau adaptasi kebiasaan baru secara benar dengan tetap melakukan protokol kesehatan tersebut, menurut dia, menjadi sangat penting.

“Kita sadar sekali sebenarnya kondisinya seperti apa. Protokol kesehatan itu harga mati. Tokoh masyarakat perlu turut memberi penjelasan pada masyarakat,” ujar dia.

Menurut dia, apa yang menjadi semangat pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam upaya menurunkan angka penularan Covid-19 harus dilarikan ke daerah dengan cepat, termasuk juga dalam mengembalikan gairah perekonomian, salah satunya dengan membantu usaha kecil dan menengah (UKM) untuk dapat bertahan dalam kondisi krisis kesehatan yang berdampak ke sektor perekonomian.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 12.00 WIB hari ini (02/07/2020) mengumumkan, ada pertambahan 1.624 kasus. Kumulatif kasus orang terinfeksi Covid-19 saat ini sudah mencapai 59.394 orang. Sementara, total pasien sembuh di Tanah Air hingga kini 26.667 orang. (Uwo)

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close