BeritaDPRD PROV JABAR

DPRD Jabar Dorong Pemprov Buka Peluang Kembangkan Ekonomi Digital

Hasanah.id – Masa pandemi COVID-19 yang mengakibatkan perubahan prilaku masyarakat menjadi peluang untuk pengembangan ekonomi digital. UMKM yang bisa berinovasi melalui ekonomi digital, membuat pembatasan ineraksi antarmanusia tidak akan menjadi kendala.

Menyoroti hal tersebut, anggota Komisi II DPRD Jabar Yunandar Rukhiadi Eka Perwira mengatakan jika pihaknya telah mendorong kepada pemerintah daerah untuk segera membangun sistem ekonomi berbasis digital dengan berkaca pada penanganan pandemi COVID-19 selama ini.

Ia menjelaskan, ketika sistem ekonomi konvensional tidak mampu berjalan sebagaimana mestinya, karena masyarakat dibatasi untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Bahkan jika dipaksakan, justru terjadi lonjakan penderita covid-19. Hingga akhirnya kata Yunandar, saat ini sudah saatnya pemerintah menggiring masyarakat untuk mulai memanfaatkan teknologi dalam menjaga stabilitas ekonomi.

“Saya kira ini tanggungjawab pemerintah, untuk berupaya memberikan semacam pelatihan dan juga memberikan insentif bantuan. Misalnya berupa sarana untuk promosi, seperti kamera atau lainnya yang bisa digunakan oleh pedagang kecil untuk bisa mempromosikan produknya. Lalu kemudian dibantu mempromosikannya dengan baik,” ujar Yunandar.

Dia berharap, dengan munculnya dampak ekonomi akibat pandemi dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah, dalam melihat peluang lain yang dapat dimaksimalkan untuk menjamin stabilitas ekonomi masyarakat di Jawa Barat.

Yunandar  menambahkan, masa pandemi ini memjadi berkah bagi UMKM yang bisa berinovasi melalui platform ekonomi digital. Untuk itu, Jabar yang memiliki potensi sebagai lumbung komoditas pangan sudah saatnya mengambil peran terutama dalam hal bidang agro lewat pasar digital.

“Memang perlu edukasi dan pelatihan yang panjang. Tapi minimal dengan momentum seperti sekarang ini, jadi ada dorongan. Karena ada keterpaksaan yang bisa berdampak positif jika dijadikan semangat untuk berbisnis online secara serius,” tutupnya.

Tags
Back to top button
Close
Close