ADIKARYA PARLEMENBerita

DPRD Jabar Memo Hermawan : Pembangunan Infrastruktur Jabar Selatan Perlu Dikembangkan

ADIKARYA PARLEMEN

Hasanah.id– Jawa Barat sebagai salah satu provinsi dengan jumlah kota dan kabupaten terbanyak memiliki beragam potensi dimulai dari sumber daya alam, sumber daya manusia, hingga pembangunan ekonominya. Jumlah kota/kabupaten tersebutmencapai 27 dengan rincian 9 kota dan 18 kabupaten di Jawa Barat, terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan di tiap kota dan kabupatennya.

Laju pembangunan tersebut nampaknya timpang. Pembangunan yang berlangsung begitu cepat di wilayah bagian utara. Namun di satu sisi, Jawa Barat Selatan masih menyimpan berbagai rahasia dan potensi wisata yang dapat menjadi komoditas baru bagi Provinsi Jawa Barat.

Anggota DPRD Provinsi Jabar, Memo Hermawan, menyebut dibandingkan Jatim dan Jateng bagian selatan, wilayah Jabar Selatan masih sangat tertinggal. Perkembangan di Jabar masih terfokus di bagian utara. Pemerataan pembangunan infrastruktur di Jabar bagian selatan harus jadi perhatian Pemprov Jabar. Apalagi sudah ada payung hukum untuk mengembangkan Jabar Selatan.

Politikus PDI Perjuangan Dapil Jabar ini mengatakan masih ada sejumlah daerah yang belum terhubung dengan jalan lintas selatan. Pembangunan infrastruktur harus berkesinambungan antara provinsi dan kabupaten.

“Buat poros jalannya di desanya. Lahan tidur nantinya bisa jadi produktif. Memangkas waktu tempuh dan biaya transportasi juga jika ada jalan,” ujar anggota Komisi IV DPRD Prov Jabar.

Untuk wilayah Garut, ada dua poros jalan yang harus segera dihubungkan. Yakni Cimareme-Bungbulang dan Cijayana-Bungbulang. Jalan lintas selatan dari Talegong hingga Cisewu juga butuh pelebaran.

“Di Pameungpeuk juga ada sekitar 25 Kilometer jalan yang masih kurang bagus. Terus jalan provinsi di Pakenjeng juga harus ada yang diperbaiki,” ujarnya.

Dewan PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat ini juga menyebutkan status beberapa jalan di selatan Garut juga bisa dialihkan ke provinsi. Nantinya anggaran jalan dari APBD kabupaten, bisa dipakai untuk pembangunan jalan di desa.

“Jalan kabupaten, bisa serahkan ke provinsi. Jadi APBD kabupaten bisa dipakai untuk perbaikan lain. Contohnya bisa kembangkan pertanian di Garut,” ucapnya. Kus

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close