Berita

Dukung Program Citarum Harum, PT Indonesia Power UP Saguling Ubah Sampah jadi Energi Listrik

Hasanah.id– PT Indonesia Power Unit Pembangkit Saguling kali ini mendapat kunjungan dari Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (Harris) Yang didampingi oleh Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi PT Indonesia Power.

Kunjungan ini dalam rangka peninjauan terkait progres Program Biomass Operating System of Saguling (BOSS) sebagai salah satu program PT Indonesia Power Saguling dalam pengelolaan eceng gondok di waduk Saguling dengan program utama ‘Saguling Clean’.

Perusahaan penghasil listrik PT. Indonesia Power Unit Pembangkit Saguling melalui program Saguling Clean mampu merubah sampah dan eceng gondok menjadi bermanfaat sebagai sumber energi listrik bagi masyarakat luas. Sampah dan eceng gondok diolah menjadi sumber energi listrik dengan menggunakan Biomass Operating System of Saguling (BOSS).

“Pengembangan sistem pengolahan sampah menjadi Sumber energi listrik ini menjadi salah satu solusi dalam mendukung program Citarum Harum, karena mampu menghilangkan sampah yang ada di sungai Citarum,”ungkap Direktur Utama PT. Indonesia Power, Ahsin Sidqi dalam acara sosialisasi pengolahan dan pemanfaatan sampah serta gulma, di Cihampelas Kabupaten Bandung Barat, Jumat (7/2).

Ahsin mengatakan Gubernur dan Bupati bisa ikut mendorong program ini agar persoalan yang terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum bisa ditanggulangi dengan baik. Selain itu, dengan BOSS, air sungai bisa kembali menjadi jernih karena tidak terkotori oleh sampah, dan akan ikut mendorong peningkatan dunia pariwisata di sepanjang aliran Sungai Citarum.

“Ini merupakan solusi dan jawaban dari Citarum Harum, kita tidak boleh terlambat,” kata Ahsin, disela kunjungannya di lokasi BOSS PT. Indonesia Power, Kampung Panglayangan, Desa Cihampelas Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.

Sementara, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian Sumber Daya Mineral Harris mengatakan, apa yang dilakukan PT. Indonesia Power Unit Saguling ini merupakan gagasan yang brilian, karena mampu menjadikan sesuatu yang awalnya tak berguna menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan ini, karena merupakan gagasan  yang brillian,” ungkapnya.

Sedangkan General Manager PT. Indonesia Power Unit Pembangkit Saguling Rusdiansyah menyebutkan. PT Indonesia Power Saguling POMU mendapat kesempatan kunjungan dari Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (Harris) Yang didampingi oleh Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi PT Indonesia Power untuk melakukan peninjauan terkait progres Program Boss sebagai salah satu program PT Indonesia Power Saguling POMU dalam pengelolaan eceng gondok di waduk Saguling dengan program utama “Saguling Clean”.

Tujuan utama dari program “Saguling Clean” adalah pemenuhan lingkungan waduk yang bersih baik dari sampah, eceng gondok, keramba jaring apung, dan lain-lain.

Dalam kesempatan tersebut para tamu undangan berkesempatan untuk melihat proses pengolahan eceng gondok menjadi briket. Proses yang dimulai dari peuyeumisasi pola keramba dilanjutkan dengan pencacahan kasar kemudian dihaluskan dan dimixer yang hasil akhirnya menjadi briket.

“Kami juga melakukan sosialisasi pemanfaatan eceng gondok kepada para petani Keramba Jaring Apung,” pungkasnya.

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close