DPRD PROV JABAR

Fraksi PKB DPRD Jabar Dukung Perluasan PSBB di Seluruh Wilayah Jabar

Hasanah.id – Hasil evaluasi PSBB di 10 daerah di Jabar meliputi wilayah Bodebek (Bogor, Depok, dan Bekasi) serta Bandung raya meliputi Kota dan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang terlihat dari angka pertumbuhan kasus positif Covid-19 yang cenderung stabil, begitupun mobilitas sosial masyarakat.

Di lima daerah Bodebek terjadi penurunan kasus positif Covid-19 setelah satu minggu diterapkannya PSBB. Hal yang sama juga terjadi di Bandung raya, kecuali Kota Cimahi yang mengalami peningkatan kasus.

Menanggapi hasil evaluasi tersebut, Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar, Sidkon Djampi menyatakan dukungannya terhadap Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan di berlakukan Gubernur Jawa Barat di seluruh Kabupaten/Kota di Jabar.

“Prinsipnya kami setuju diterapkan PSBB secara menyeluruh di Jabar,” ujar Sidkon Djampi, Jumat (1/5/2020).

Meski demikian, Sidkon meminta syarat sebagai berikut : pertama, harus menjamin ketersedian pangan dan stabilitas harga untuk rakyat, kedua, larangan mudik harus di perketat dan ketiga, adanya ketegasan untuk membubarkan kerumunan yang tidak perlu wajib dilakukan.

Dengan diberlakukannya PSBB secara serentak se-Jabar, Sidkon berharap bisa menekan secara masif penyebaran virus corona, bahkan dapat memutus mata rantai ODP dan PDP.

Hal ini mengingat kasus positif Covid-19 di Jawa Barat, dalam beberapa waktu terakhir terus bertambah. Bahkan Jawa Barat penyumbang kedua sebaran Covid-19 nasional setelah DKI Jakarta.

Meski begitu, ia optimistis pandemi ini akan berakhir, dengan alasan sejumlah kasus positif berhasil disembuhkan.

“Banyaknya kesembuhan pasien positif Covid-19 di Jabar, membuat kepercayaan dan keyakinan masyarakat otomatis akan berpengaruh positif terhadap psikologi masyarakat bahwa Covid-19 bisa disembuhkan,” ucapnya.

Sidkon menambahkan, jika ada kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat, maka penyebaran Covid-19 akan terputus dan berakhir di negeri kita.

“Untuk PSBB ini mari kita sambut dengan mentaati aturan yang telah ditetapkan. Insya Allah ketaatan kita atas kebijakan itu akan mempercepat berhentinya pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia berpesan untuk masyarakat agar selalu menerapkan physical distancing serta menggunakan masker apabila keluar rumah.

“Mari jaga lingkungan tetap bersih. Insya Allah kita akan terhindar dari wabah corona ini,” ujarnya. (*)

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close