Hari Pahlawan Semangat Pengentasan Kemiskinan di Kota Bandung - Hasanah

Hari Pahlawan Semangat Pengentasan Kemiskinan di Kota Bandung

Hasanah.id – Salah satu permasalahan Kota Bandung adalah, kemiskinan. Untuk mengatasinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menggulirkan sejumlah agenda.

Namun untuk bisa mencapai hasil yang dicita-citakan, perlu partisipasi dari seluruh elemen. Pengentasan kemiskinan membutuhkan pengembangan pembiayaan kota yang partisipatif, kolaboratif dan terintegrasi.

Hal tersebut dikatakan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat membuka Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Selasa (10 November 2020).

“Semua elemen harus mendukung tercapainya program penanggulangan kemiskinan di Kota Bandung,” katanya selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung

Menurutnya, upaya penanggulangan kemiskinan harus dilakukan melalui strategi dan program yang terkoordinasi. Hal itu bisa tercapai melalui sinkronisasi, harmonisasi dan integrasi penanggulangan kemiskinan lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan.

“Setiap tahun kita melaksanakan rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan. Tetapi setiap tahun pula angka kemiskinan bertambah. Oleh karena itu, bertepatan di hari pahlawan 10 november ini, akan bagus rasanya kalau semangat pahlawan mampu menyemangati kegiatan Rakor TKPK,” tuturnya.

“Hari ini semangat itu kita gelorakan untuk melawan kemiskinan,” imbuhnya

Sementara itu Kepala Bappelitbang Kota Bandung, Ahyani Raksanagara menegaskan, permasalahan kemiskinan perlu mendapatkan perhatian dari semua pemangku kepentingan.

“Permasalahan ini perlu mendapatkan perhatian kita semua. Ini pun diingatkan secara nasional yang dituangkan melalui RPJMN dan diingatkan internasional melalui ‘Substainable Development Goals (SDGs)’,” paparnya.

Menurutnya, melalui koordinasi, sinergitas, dan integrasi maka program yang ada di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memberikan dampak yang maksimal dalam penanggulangan kemiskinan.

“Untuk itulah, kami menyelenggarakan rapat ini dalam rangka mengakomodir,” tuturnya.

Dengan mengusung misi kelima Kota Bandung, penanggulangan kemiskinan dapat dilakukan melalui kolaborasi dan pembiayaan non APBD.

Ahyani berharap, dengan rapat ini, Pemkot Bandung dapat menyempurnakan rencana aksi untuk tahun 2021 dan penyempurnaan laporan 2020 program penanggulangan kemiskinan di Kota Bandung.

Total
0
Shares
Related Posts