JABAR

Jabar Lakukan Uji Petik Tes Masif COVID-19 Cari Peta Persebaran

Bandung-Hasanah.id – Tes masif Covid-19 atau Corona di Jabar menggunakan tiga cara yaitu door to door, pemeriksaan di rumah sakit dan drive thru di stadion. Bagaimana cara pemeriksaan secara drive thru?

“Tolong disosialisasikan bahwa tes masif ini bukan untuk semua orang. Ini adalah uji petik untuk mencari peta persebaran,” ujar Kang Emil  di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (23/3/20).

Kepada warga Jawa Barat, jika Anda sehat tidak perlu tes, kecuali Anda sehat tapi masuk dalam kategori yang berinteraksi sosial-massa. “Kalau tidak masuk dalam ketiga kategori tadi, maka tidak usah panik tinggal di rumah saja, sosial distancing. Tidak perlu khawatir harus di tes ini dan itu kecuali tiga kategori tadi,” tegasnya.

Emil menjelaskan dua kategori yang mengikuti tes secara drive thru yaitu kategori B dan C. Sementara kategori A dilakukan secara door to door dan di rumah sakit. “Kategori A ini yang paling berisiko tinggi.

Sementara kategori B adalah tenaga kesehatan umum di puskesmas dan juga di klinik atau yang memiliki profesi interaksi sosial tinggi seperti Babinsa, Babinkantimbas Polri, pejabat publik, petugas imigrasi dan bandara.

Kategori C adalah warga yang merasakan gejala atau sakit dan membutuhkan keyakinan apakah terinfeksi virus Covid-19 atau enggak, mereka berhak mengikuti tes masif ini dengan cara drive thru.

“Kategori B dan C, drive thru, namun ga bisa datang langsung sendiri. Daftar online via aplikasi Pikobar. Setelah itu ada proses verifikasi, wawancara dan keluarlah surat jadwal diperiksa,” jelasnya.

Jadi, lanjut Kang Emil, untuk pemeriksaan drive thru harus menunggu surat panggilan terlebih dahulu. “Nanti dijadwalkan apakah selasa jam 9, atau rabu jam 1 siang. Datangnya satu-satu, ada jaraknya,” kata dia.

Karena datangnya sesuai jadwal yang telah dibuat, maka tidak akan ada kerumunan atau antrean. “Datang dites sekian detik, kemudian langsung pulang. Nanti hasilnya dikirim secara online,” katanya.

Ia menegaskan pemeriksaan secara drive thru ini, paling lama hanya memakan waktu 5 hingga 10 menit tiap kendaraan.

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close