Berita

Jelang New Normal, Sekda KBB : Masyarakat Harus Melakukan Inovasi Bagi Daerahnya

Hasanah.id– Jelang New Normal pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah melakukan persiapan penerapan new normal dengan memprioritaskan pengawasan di pusat perbelanjaan, rumah peribadatan, dan tempat wisata.   

Dari sisi ekonomi secara umum KBB berjuang menuju yang lebih baik lagi melalui kegiatan atau aktivitas ekonomi yang tepat sasaran. Ditengah Pandemi corona virus disease (Covid)-19, di KBB banyak yang terdampak seperti halnya petani bunga, dan perusahaan di bidang wisata.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin. Ia mengatakan ditengah penyebaran virus korona banyak petani bunga dan pariwisata menjadi terpuruk karena tidak boleh dibuka bagi pengunjung sesuai surat edaran.

“Bagi petani bunga juga sama, sebab mayoritas bunga ini diperlukan oleh yang mau hajatan. Karena sedang Pandemi Covid-19 ini menjadi kurang. Sehingga petani bunga menjadi terdampak,”ungkap Asep saat mengunjungi wilayah Cibolang Desa Kertawangi, Minggu (31/5/2020) kemarin lalu.

Asep mengatakan untuk mengangkat kesejahteraan petani, pemerintah melalui dinas teknis sedang mengevaluasi. Hal ini juga sudah di gagas oleh Bupati terkait restoran, warung, hotel agar langsung membeli kepada kelompok tani.

Lanjut Asep menambahkan untuk merangsang aparat desa menjelang New Normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), pihak daerah harus melakukan inovasi dari masyarakat itu tersendiri.

“Inovasi baru dalam rangka New Normal atau AKB perlu dikembangkan di wilayah tersendiri seperti di siapkan protokol kesehatan di tiap tiap lokasi,”pungkas Asep.

Sementara Kepala Desa Kertawangi, Yanto  mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Sekda Kabupaten Bandung Barat ke wilayah Cibolang Kertawangi. Saat ini meskipun diberlakukan PSBB, Desa Kertawangi masih aman dengan banyaknya masyarakat melakukan aktivitas pertanian.

Lanjut Yanto dengan dikenal sapaan Steve Ewon mengungkapkan seperti diketahui pemerintah KBB akan memperjuangkan kesejahteraan petani dan akan meningkatkan destinasi wisata khususnya di Desa Kertawangi.

“Ini merupakan suatu keberkahan bagi Desa Kertawangi mengenai peningkatkan destinasi pariwisata, dan meningkatkan kesejahteraan petani,”paparnya.

Disinggung terkait tantangan dari bapak Sekda, kata Ewon menyebutkan kita sebagai warga masyarakat harus menyiapkan persiapan tersendiri. Sebagaimana disebutkan oleh Sekda bahwa menjelang New Normal atau AKB, masyarakat harus melakukan inovasi tersendiri.

“Masyarakat harus melakukan inovasi inovasi dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru atau new normal ini,”pungkas Kades. Kus/Uwo

Tags
Back to top button
Close
Close