OLAHRAGA

Jurgen Klopp Mengubah Kembali Liverpool Menjadi Jawara Daratan Inggris

Hasanah.id – Setelah 30 tahun menunggu, Liverpool akhirnya sekali lagi merupakan tim dominan liga Inggris. Juara Eropa sekarang adalah pemenang Liga Premier Inggris, dipandu ke puncak juara oleh pelatih asal jerman yang sekarang menjadi terkenal sedaratan inggris.

Transformasi Liverpool sangat luar biasa. Beberapa orang berpikir bahwa klub yang pernah berjaya dalam sepakbola Inggris untuk waktu yang lama itu tidak akan pernah lagi memakai mahkota juara. Puluhan tahun kekecewaan dan harapan palsu telah menurunkan harapan. Bahkan optimis pun menjadi skeptis. Pada saat itu Jurgen Klopp mengambil alih, dan membangkitkan kekaisaran lama.

“Saya memberikan segalanya. Saya berharap para pemain saya memberikan segalanya. Lalu kami melihat apa yang kami dapat raih. Itu menciptakan mentalitas kuat untuk tim,” kata Klopp dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Klopp telah diberi waktu dan dana agar dapat berhasil di Anfield, dan para penggemar bersabar karena mereka memiliki keyakinan.

Meskipun Liverpool tidak langsung menjawarai  di musim pertamanya,  tim selesai di urutan kedelapan tetapi setiap tahun ada kemajuan;  baik dalam pemain yang dibeli, bagaimana cara mereka bermain dan peringkat liga: kedelapan, keempat, keempat, kedua, pertama.

Ada beberapa kegelisahan ketika Klopp kehilangan tiga final liga champions bersama Liverpool sebelum memenangkan Liga Champions tahun lalu, gelar pertamanya sebagai manajer Liverpool. Dan ketika Liverpool kehilangan gelar musim lalu dengan selisih satu poin ada orang-orang yang bertanya-tanya apakah Klopp dan timnya bisa pulih dari kegagalan yang menyiksa seperti itu.

Tanggapan tim sangat empatik dan penantian selama 30 tahun telah berakhir dengan marjin yang meyakinkan. Pria yang memberikan segalanya meminta para pemain dan penggemarnya untuk menyatukan mentalitasnya dan semua orang telah menuai hasilnya.

Tags
Back to top button
Close
Close