Berita

Kawasan Cimahi Technopark Meraih Penghargaan Outstanding Achievement Of Publik Service Innovation 2020

Hasanah.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional berupa penghargaan Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2020.

Hal ini terungkap dari pengumuman yang disampaikan secara virtual pada Senin (27/07) oleh Prof. Diah Natalisa (Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI selaku perwakilan dari Tim Sekretariat Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD untuk tahun 2020.

Penghargaan ini diberikan atas keberadaan Kawasan Cimahi Technopark sebagai Pusat Layanan Terpadu Pengembangan Ekonomi Lokal Kota Cimahi berbasis Inovasi, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Melalui kolaborasi Quadruple Helix.

Selain Pemkot Cimahi, terdapat 4 (empat) pemenang lainnya yang meraih penghargaan tersebut yaitu inovasi yang berasal dari Kepolisian Negara RI, Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, dan PT. Taspen (Persero).

Berdasarkan keterangan dari Tim Sekretariat KIPP 2020, Inovasi yang dikompetisikan dibagi menjadi tiga kelompok, yang terdiri dari Kelompok Umum, Kelompok Replikasi, dan Kelompok Khusus.

Adapun sarana yang digunakan dalam kompetisi ini adalah melalui Sinovik (Sistem Infomasi Inovasi Pelayanan Publik) yang diakses melalui alamat https://sinovik.menpan.go.id/.

Sebagai salah satu pemenang Top 35 Inovasi Tahun 2016 dan Top 40 Inovasi Tahun 2018, Cimahi Technopark termasuk kedalam 99 peserta yang berhak untuk mengikuti tahapan Penilaian Proposal Inovasi yang menghasilkan 15 Finalis terakhir Kelompok Khusus.

Setelah berhasil melalui tahapan ini, Cimahi Technopark bersama Kelima Belas Finalis lainnya kemudian mengikuti tahap presentasi dan wawancara serta verifikasi dan Observasi Lapangan terhadap Kelompok Khusus pada 3 Juli 2020 lalu.

Berdasarkan aspek keberlanjutan, nilai tambah dan manfaat, serta efisiensi, maka Tim Evaluasi dan Tim Penilai Independen KIPP 2020 menetapkan Kawasan Cimahi Technopark sebagai salah satu dari 5 (lima) besar inovasi yang mendapatkan penghargaan Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2020 berupa piala dari pemerintah pusat.

Disamping itu, khusus untuk Pemkot Cimahi juga akan diusulkan oleh Kemenpan-RB untuk memperoleh alokasi Dana Insentif Daerah dari Kementerian Keuangan RI karena Kawasan Cimahi Technopark merupakan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Ditemui terpisah, Walikota Cimahi Ajay M. Priatna menyatakan bahwa diperolehnya penghargaan ini menunjukkan komitmen kuat dari Pemkot Cimahi atas keberlanjutan Kawasan Cimahi Technopark sebagai inovasi yang dapat memberikan nilai tambah terhadap pengembangan ekonomi local yang berdampak positif bagi masyarakat Cimahi.

“Prestasi ini sangat membanggakan bukan cuma untuk Pemkot tapi juga untuk seluruh masyarakat Cimahi. Waktu tahap 15 besar, saingan Cimahi cukup berat untuk klaster instansi kota, yaitu Kota Bandung dan Surabaya. Alhamdulillah Cimahi [Technopark] menang dan masuk kedalam peringkat lima besar” papar Ajay.

Ditambahkan Ajay, penghargaan ini sekaligus menjadi tambahan motivasi bagi Pemkot Cimahi untuk terus berupaya untuk mendorong penciptaan / pembentukan inovasi pelayanan public kepada warga masyarakat yang menjadi pengguna layananya.

“Pemerintah daerah wajib mendukung gerakan One Agency One Innovation sebagai bagian dari agenda Reformasi Birokrasi di tataran pemerintahan. Meskipun kita sekarang sedang fokus untuk penanganan pandemic Covid-19, Insya Allah kami di Pemkot [Cimahi] akan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan public kepada masyarakat” tutup Ajay. (Sumber : DISKOMINFOARPUS Kota Cimahi)

Tags
Back to top button
Close
Close