BeritaBISNIS

Khasiat dan Manisnya Bisnis Madu Lebah Klanceng

Hasanah.id – Madu lebah Trigona Itama (Apis Meliponini) atau Lebah Klanceng mulai banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Lebah madu, yang biasanya hidup hutan ini, kaya nutrisi dan vitamin sehingga baik untuk kesehatan.

Lebah klanceng tidak hanya hidup berkoloni di pepohonan kawasan hutan. Namun juga dapat dibudidayakan di halaman rumah dengan sarang buatan.

Bila ditekuni, pengembangan lebah klanceng atau lebah trigona di lahan pekarangan rumah dapat menjadi penghasilan tambahan keluarga. Kelebihan dari lebah ini, adalah tidak memiliki sengatan sehingga aman dibudidayakan.

Selain itu, peternak tidak perlu repot mencarikan makanan untuk lebah tersebut. Sebab lebah dapat mencari makan sendiri asal lingkungannya mendukung.

Modal beternak lebah trigona hanya kotak dari kayu bekas dan kita mesti memastikan lingkungan yang ditempati lebah nyaman untuk tinggal. Setelah itu tinggal menunggu hasilnya.

Beternak lebah trigona merupakan usaha sampingan keluarga yang menjanjikan. Sebab, tidak menyita waktu dari pekerjaan utama yang digeluti dan di masa pandemik korona ini, peternak beserta keluarganya dapat menikmati khasiat dari madu klanceng untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit, dan bernilai ekonomis yang cukup tinggi.

Sejumlah tanaman vegetasi, yang disukai lebah klanceng, seperti tanaman belimbing, paku-pakuan dan bunga.

Tanaman ini berfungsi sebagai sumber makanan lebah dan untuk menjaga ratu lebah agar tetap berada di sarang.

Keberadaan ratu lebah inilah yang akan mengundang lebah klanceng lainnya, sehingga membentuk koloni dan mengisi saran buatan, yang telah disediakan.

Lebah klanceng memiliki ukuran tubuh kecil, hampir menyerupai lalat. Satu koloni atau satu sarang lebah klanceng mampu memproduksi 1 liter madu.

Madu lebah klanceng banyak diburu, karena dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Madu lebah klanceng kaya nutrisi dan vitamin.

Bagi warga yang menginginkan madu segar dan asli bisa mendatangi langsung tempat bubidaya. Karena pembeli bisa minum madu asli dan segar langsung dari sarangnya. Tak perlu khawatir disengat lebah, karena pembeli akan didampingi oleh pemiliknya.

Tingginya permintaan membuat harga madu lebah klanceng sedikit mahal, yakni antara 400 ribu hingga 500 ribu rupiah per liter. **

Tags
Back to top button
Close
Close