KNKT Ungkap Hasil Investigasi Kereta Adu Banteng di Cicalengka, Uncommanded Signal Penyebabnya

Menurut Edi, kejadian tersebut terjadi ketika Stasiun Haurpugur mengirim sinyal keberangkatan untuk KA 350 CL Bandung Raya ke Stasiun Cicalengka.
Pada saat menerima sinyal keberangkatan tersebut, antarmuka Stasiun Cicalengka mengalami gangguan, yang kemudian menghasilkan uncommanded signal.
Sinyal ini menyatakan bahwa petak jalan ke arah Stasiun Haurpugur aman untuk dilalui oleh kereta api.
“Indikasi aman ke Stasiun Haurpugur ini menjadi acuan PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) Stasiun Cicalengka untuk melayani KA 65A Turangga yang kemudian berjalan langsung ke arah Stasiun Haurpugur,” ucap Plt. Kepala Sub Komite Investigasi Kecelakaan Perkeretaapian KNKT Gusnaedi Rachmanas dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat siang, 16 Februari 2024.
Timbulnya complacency terhadap sistem persinyalan masing-masing dan adanya bias konfirmasi memengaruhi proses pengambilan keputusan PPKA Stasiun Cicalengka dan Stasiun Haurpugur dalam mengizinkan keberangkatan KA dari kedua stasiun tersebut.
PDPS di kedua stasiun tidak menghubungkan komunikasi antara persinyalan elektrik dan mekanik, sehingga SOP di kedua stasiun tidak merefleksikan kondisi aktual.