Berita

KPH Bandung Selatan Cepat Tanggap Tangani Karhutla di Petak 5B Arjasari

Hasanah.id– Api berkobar di Gunung Sangar atau Kaki Gunung Malabar, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (5/10/2019). Luas lahan yang terbakar mencapai sekitar 3 hektar.

Melalui telepon seluler pihak perhutan KPH Bandung Selatan membenarkan adanya kebakaran yang tepatnya di Petak 5B. Tapi kebakaran ini sudah padam atas kesigapan dari petugas karhutla KPH Bandung Selatan.

“Betul, sudah terjadi kebakaran di petak 5B. Alhamdulillah saat api sudah dapat di padamkan,”ungkap Wakil Administratur KPH Bandung Selatan, DedeNugraha melalui telepon genggamnya, Sabtu (5/10).

Sementara dari informasi yang diterima Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyebutkan juga kebakaran terjadi di Petak 5B Gunung Sangar dan Petak 4A Pasirkuda, Desa Mekarmaju, Kecamatan Arjasari. Dalam laporan sementara, ia mencatat jenis pohon yang terbakar terdiri atas pinus, rasamala, manglid, dan pohon alpukat, termasuk alang-alang.

Upaya yang sedang dilakukan, lanjut dia, antara lain membuat ilaran atau memutus arus kebakaran di antaranya menggunakan cangkul dan golok. “Penyebab kejadian belum di ketahui.”

Ia menyebutkan, tim yang terlibat dalam upaya pemadanan kebakaran, selaian BPBD juga personel keamanan Perum Perhutani, komunitas pencinta alam, kepolisian, personel Koramil setempat, serta PGPI.

Menurut anggota Pusdalops Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, Bima Pratama, melaporkan kebakaran malam ini yang melumat semak belukar di Gunung Rayana, Desa Cikole, Kecamatan Arjasari. Laporan kebakaran ia terima dari warga setempat. Kebakaran terajdi sekitar pukul 20.20 WIB. Upaya pemadaman kini sedang ditangani UPT Damkar Kecamatan Ciparay.

Tidak ada korban luka atau meninggal dalam kejadian tersebut. “Sementara pemicu terjadinya kebakaran masih diselidiki,”pungkasnya. Kus/Uwo

Tags
Back to top button
Close
Close