HUKUM & KRIMINAL

KPK Lakukan OTT di Lampung, 4 Orang diamankan salah satunya Bupati Lampung Utara

Hasanah.id– Pemberlakuan UU baru komisi antirasuah yang akan jatuh pada (17/10) tidak menghentikan kerja KPK. Seperti pada Minggu (6/10), KPK melakukan operasi senyap di daerah Lampung. Ada empat orang yang diamankan oleh penyidik komisi antirasuah, termasuk di dalamnya Bupati di daerah Lampung. Hal itu disampaikan oleh juru bicara KPK, Febri Diansyah.

“KPK sudah mengamankan empat orang termasuk Bupati, kepala dinas dan satu orang perantara,” ujar Febri.

Ia mengatakan barang bukti berupa duit yang diserahkan sedang dihitung oleh tim penyidik. KPK memang tidak menyebut Bupati daerah mana yang diciduk, namun pemberitaan di area setempat yang diamankan adalah Bupati Lampung Utara, berinisial AIM. Ia terpilih sebagai kepala daerah pada 2018 lalu dan diusung oleh empat partai yakni PKS, Nasional Demokrat, PAN dan Gerindra.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dalam operasi tangkap tangan, OTT pada Minggu (6/10). Diduga, OTT ini terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara.

“KPK mengamankan total empat orang sejak sore hingga malam ini, yaitu bupati, dua kepala dinas, dan satu orang perantara,” ujar Febri Diansyah.

OTT tersebut berawal dari informasi masyarakat. “Setelah lakukan pengecekan di lapangan, diduga ada penyerahan uang yang diperuntukkan pada kepala daerah setempat,” ujarnya.

Hingga kini, KPK masih menghitung nilai barang bukti uang yang disita dalam OTT tersebut. Untuk pengamanan awal, tim KPK telah menyegal sejumlah benda dan lokasi penangkapan.

Tags
Back to top button
Close
Close