JABAR

Lebih dari Sejuta Wisatawan Liburan Lebaran di Pangandaran

BANDUNG – Kawasan Wisata Pangandaran masih menjadi magnet bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu libur Lebaran. Terbukti, lebih dari satu juta wisatawan berkunjung ke Pangandaran selama libur Lebaran 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik menjelaskan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan yang memiliki lima titik destinasi wisata itu terhitung sejak 1-7 Juni 2019. “Jumlah wisatawan yang masuk ke lima destinasi di Pangandaran totalnya mencapai 1,032 juta pengunjung lebih,” ungkap Dedi, Sabtu (8/6/2019).

Meski begitu, lanjut Dedi, dibandingkan dengan libur Lebaran tahun lalu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran mengalami penurunan. Berdasarkan catatannya, pada libur Lebaran 2018, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran mencapai sekitar 1,3 juta wisatawan. “Namun, jumlah pengunjung tahun ini masih melebihi target sebesar 17 persen dari yang kita tetapkan,” ujarnya.

Dedi memaparkan, Pantai Pangandaran tercatat paling banyak dikunjungi wisatawan, yakni mencapai 730.798 orang, sementara Pantai Karapyak mencapai 89.000 orang. Kedua pantai tersebut di bawah pengelolaan UPT Pangandaran.

Sementara, tiga destinasi wisata lainnya di bawah naungan UPT Cijulang, yakni objek wisata Batu Karas, Batu Hiu, dan Green Canyon, dikunjungi sekitar 212.000 wisatawan. “Paling banyak Pantai Batu Karas yang pengunjungnya mencapai 141.000 orang lebih, meski agak menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 200.000 lebih pengunjung,” tambah Dedi.

Pihaknya mencatat, dari total wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran tersebut, retribusi pariwisata yang ditarik dari wisatawan mencapai lebih dari Rp5 miliar atau menurun dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp6,6 miliar lebih.

Kawasan Pangandaran pada 2019 ini ditarget bisa menarik 5 juta wisatawan dengan pemasukan mencapai Rp28 miliar lebih. “Masih ada sisa target, insya Allah bisa tercapai mengingat masa liburan masih panjang dan Pangandaran masih jadi destinasi favorit,” tandasnya.

Tags
Back to top button
Close
Close