BeritaLIFE STYLELOKALISTIK

Nikmati Sensasi Wisata Alam Citumang, Ada Legenda Buaya Buntung

Hasanah.id – Pantai Pangandaran adalah salah satu primadona tempat wisata di Jawa Barat. Namun, di Kabupaten Pangandaran, tak hanya pantai yang harus selalu dikunjungi. Ada juga sungainya yang indah dan menyejukkan.

Adalah Objek Wisata Citumang merupakan salah satu obyek wisata alam tersembunyi yang memiliki daya tarik yang tak kalah dengan Green Canyon. Obyek wisata sungai ini menyuguhkan aliran sungai yang jernih berwarna kehijauan yang membelah hutan jati. Aliran sungai Citumang menembus ke dalam gua dengan tepian sungai yang terdapat bermacam-macam ornamen batu dihiasi relief alam.

Keunikan dari Citumang adalah adanya aliran hulu sungai yang keluar dari sebuah goa yang membentuk curug (air terjun). Namun di balik curug tersebut terdapat sebuah goa lain yang cukup panjang dan berada persis di bawah permukaan sungai yang berada di atasnya. Sedangkan sumber airnya sama, yaitu berasal dari goa yang berada di hulu.

Sekedar informasi bahwa bahwa nama Citumang berasal dari legenda mengenai seekor buaya buntung, yaitu yang bernama Si Tumang. Demikian kuatnya kepercayaan warga terhadap kehadiran buaya buntung yang melegenda tersebut, maka hingga saat ini meninggalkan nama yang telah melekat kuat jadi nama sungai. Dari cerita yang lain tentang kisah Citumang, yaitu berasal dari Cai (Bhs. Sunda = air) numpang (cai numpang) yaitu air sungai yang mengalir dibawah tanah. Seiring dengan perjalanan waktu, kata “cai numpang” ini lama-lama beralih jadi Citumang.

Obyek wisata ini terletak kurang lebih 15 km dari Objek Wisata Pantai Pangandaran, tepatnya di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Untuk menuju Objek Wisata Citumang ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan kecil (kendaraan pribadi), atau ojek.

Pengunjung akan memperoleh pengalaman tersendiri dimana nantinya dapat melewati pemandangan perkampungan yang masih asri. Mata pengunjung yang sebagian besar berasal dari daerah perkotaan akan dimanjakan dengan obyek-obyek landscape seperti hamparan sawah, sungai dan juga hutan.

Bagi pengunjung yang belum pernah ke lokasi, disarankan menyewa seorang guide untuk mengantarkan ke lokasi. Setelah sampai di lokasi, pengunjung dapat berenang sendiri atau berkelompok, pengunjung pun diharuskan memakai life jacket yang dapat disewa. Di sepanjang aliran sungai pun terdapat tali tambang yang dapat digunakan pengunjung untuk berpegangan. Pengunjung juga dapat melompat hingga lompat indah dari akar-akar pohon yang tumbuh di langit-langit goa setinggi 5 meter di atas air terjun kecil.

Di Citumang ini pula pengunjung dapat melakukan aktivitas air selain berenang, yaitu body rafting atau sekedar menikmati pemandangan di sekitarnya, aliran sungai yang bening membuat pengunjung tentunya tak dapat menahan diri untuk melakukan aktivitas dalam air. Suasana yang hening disertai dengan suara alam yang khas dari satwa hutan yang berbaur dengan gemercik air sungai Citumang yang bening tentunya dapat memberikan rasa nyaman tersendiri, mengajak pengunjung untuk sejenak meninggalkan kesibukan dan kepenatan pekerjaan dan menikmati liburan.

Bersama keluarga membawa serta anak-anak, para orang tua dapat mengajari anak-anak mereka nilai-nilai tentang alam, pentingnya lingkungan, dan tempat di mana waktu yang berkualitas tidak hanya dengan satu sama lain, tetapi juga dengan lingkungan. Tentunya tempat ini sangat ramai apabila akhir pekan (weekend), karena sangat cocok dijadikan obyek rekreasi keluarga.

Untuk mereka yang suka terapi ikan disinipun pengelola menyediakannya, serta pemandian untuk anak-anak dan mereka yang tak ikut body rafting

Di bagian atas obyek wisata ini juga terdapat kolam renang untuk anak-anak yang sangat ramai saat weekend. Di sini pula terdapat area yang dinamakan Green Valley, untuk sampai ke Green Valley  pengunjung harus terus berjalan melewati kolam renang anak-anak menuju ke arah hutan. Jalurnya cukup menanjak dan curam, udaranya juga panas dan lembap. Butuh waktu berjalan kaki sekitar 500 Meter pengunjung bagi mencapai puncak dan kemudian mulai turun. Namun tidak usah khawatir akses jalan menuju Green Valley ini aman.

Di Green Valley terdapat air terjun yang lebih besar dan area berenang yang menyenangkan. Namun area berenangnya agak sulit diakses karena dikelilingi bebatuan, maka dari itu pengunjung disarankan untuk berhati-hati. Jika tidak berkeinginan berenang di tempat ini, area Green Valley ini juga sangat bagus untuk berfoto, karena untuk menuju ke Green Valey sudah mencakup harga tiket masuk, sayang jika tidak menlanjutkan perjalanan hingga ke area ini.

Bagi pengunjung yang ingin mengambil paket tur di Citumang dapat pesan terlebih dahulu,  yang ada di area parkir. Harga tur sudah termasuk makan siang, guide, pelampung, tiket masuk, tur ke dalam gua serta body rafting di sungai. Paket tur merupakan alternatif terbaik guna menikmati Citumang secara keseluruhan, dan pasti sayang kalau tidak semua tempat di datangi di Objek Wisata Citumang.

Dengan sederet fasilitas wisata yang disuguhkan obyek wisata alam Citumang yang dimiliki Kabupaten Pangandaran, dapat dipastikan bahwa obyek wisata ini merupakan destinasi wisata alam yang menakjubkan dengan panorama alam yang indah luar biasa. kehadiran Citumang dalam daftar tempa wisata di Pangandaran selalu mampu mengundang daya tarik tersendiri. **

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close