Berita

Pandemi Covid-19, Sektor Wisata KBB Terimbas Cukup Parah

Meskipun sudah terima Paket Sembako dari Kemenparekraf, Disbudpar KBB ajukan tambahan

Hasanah.id– Para pokdarwis, komunitas pariwisata, komunitas ekonomi kreatif, pekerja di destinasi wisata dan pekerja hotel yang terdampak Corona Virus Disease (Covid-19) wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menerima bantuan paket sembako dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Sebanyak 1.960 paket sembako bantuan sembako dari Kemenparekraf RI yang secara simbolis diterima oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB beserta sejumlah kabupaten/kota lainnya di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, belum lama ini.

“Kami mendapatkan bantuan kerohiman dari Kemenparekraf RI berupa paket sembako sebanyak 1.960 paket. Sembako itu untuk didistribusikan ke pokdarwis, komunitas pariwisata, komunitas ekonomi kreatif, pekerja di destinasi wisata, dan pekerja hotel yang terpaksa dirumahkan akibat Covid-19,” ungkap Kepala Disparbud KBB, Sri Dustirawati.

Menurutnya, bantuan kerohiman sembako yang berisi beras 5 kg, gula putih 2 kg, minyak goreng 2 liter, kecap dan lauk pauk lainnya itu akan didistribusikan kepada para penerimanya mulai Kamis (14/5/2020). Mekanisme pendistribusiannya tengah dikaji mengingat wilayah KBB sangat luas.

“Kan sekarang dilarang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak (PSBB). Makanya untuk pengiriman selain door to door langsung, Pa Kapolda mengusulkan untuk di KBB paket sembako disimpan di polsek-polsek, jadi warga penerimanya bisa datang ke polsek,” terang Sri.

Meski sudah mendapat bantuan, lanjut Sri, pihaknya masih akan mengajukan bantuan sekitar 1.500 paket sembako ke Kemenparekraf dan Disparbud Jabar. Hal tersebut dikarenakan pekerja di industri wisata beserta turunannya, dan komunitas pariwisata maupun ekonomi kreatif di KBB, yang terdampak Covid-19 masih cukup banyak.

Apalagi sektor wisata terimbas cukup parah dengan pandemi ini, sehingga semua tempat wisata, hotel, dan restoran tutup.

“Semoga saja usulan 1.500 bantuan paket sembako tambahan ini bisa terealisasi. Kasihan juga, banyak yang tidak bekerja, tidak bisa jualan, sehingga adanya bantuan setidaknya dapat meringankan beban mereka,” pungkasnya.

Tags
Back to top button
Close
Close