PEMKAB SUMEDANG | Rumah Murah Hadir untuk Warga Sumedang

Pemkab Sumedang Siapkan Rumah Biaya Ringan untuk Warganya

Pemkab Sumedang luncurkan Program Bumi Simpati/korsum.id

Hasanah.id, Sumedang – Rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat. Namun saat ini, harga rumah cenderung meningkat karena berbagai alasan.

Menilik hal tersebut, Pemkab Sumedang bekerja sama dengan Asprumas, Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasional membuat program Bumi Simpati. Bumi Simpati adalah kerja kolaborasi antara pengembang, Pemkab Sumedang dan pihak lainnya yang menjadi stakeholder perumahan seperti perbankan dan notaris.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir dan Riki Fazri Sujana dari DPD Asprumnas Kabupaten Sumedang di Gedung Negara, Selasa (10/8/2021). Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, program Bumi Simpati merupakan bantuan bagi masyarakat Sumedang yang belum mempunyai rumah.

“Ini adalah program bantuan untuk masyarakat yang belum mempunyai tempat tinggal, yang merupakan kerjasama antara Pemkab Sumedang dan Asprumnas,” kata Bupati

Menurut Bupati Dony, dalam Program Bumi Simpati ini, pihak Asperumnas nantinya akan membantu Pemerintah Daerah untuk mengakselerasi percepatan pembangunan perumahan di wilayah Kabupaten Sumedang. Dengan begitu, diharapkan kebutuhan tempat tinggal masyarakat di Sumedang bisa lebih cepat terpenuhi.

Menurut Ketua Asprumnas, Riki Fazri Sujana, permasalahan biaya menjadi kendala utama dalam kepemilikan rumah, Itulah sebabnya ASprumnas menawarkan program ini dengan cara menyediakan perumahan berbiaya ringan, kemudahan pembiayaan, dan pengurusan kepemilikan yang tejangkau, Semua kemudahan ini difasilitas atau dibantu pemkab sebagai upaya membantu warganya mempunyai rumah.

“Harapannya bisa terjangkau oleh masyarakat serta agar dampak dari program ini serapannya menjadi besar sehingga perekonomian menjadi tumbuh kembali di era Pandemi Covid-19 ini,” kata Riki.

“Lalu ada beberapa subsidi biaya dan suku bunga juga lebih murah dari bank penyalur,” sebutnya.

Bupati juga menekankan bahwa program rumah murah ini diutamakan untuk masyarakat Sumedang dengan penghasilan rendah.

“Nanti yang mengajukannya diutamakan masyarakat berpenghasilan rendah, ASN, P3K dan honorer. Kemudian ada beberapa skema yang disiapkan oleh Asprumnas yang berbeda dengan kepemilikan perumahan lainnya. Seperti pengurangan harga dan ada stimulus yang diberikan,” pungkas Bupati.

Total
1
Shares
Related Posts