BeritaLOKALISTIK

Pesona Curug Citambur, Surga Tersembunyi di Cianjur Selatan

Hasanah.id – Kawasan Cianjur Selatan memiliki tempat-tempat wisata menarik, khususnya wisata alam. Salah satu destinasi alam di Cianjur yang bisa Anda kungjungi adalah Curug (Air Terjun) Citambur. Tempat ini terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur.

Curug ini juga disebut-sebut sebagai salah salah satu surga tersembunyi di Cianjur. Meskipun keberadaannya sudah diketahui banyak wisatawan, namun kealamiannya masih terjaga dengan baik.

Curug ini memiliki ketinggian air lebih dari 130 meter. Pemandangannya sungguh menakjubkan, karena dikelilingi pepohonan hijau rindang. Menariknya, nuansa Curug Citambur juga disebut-sebut mirip dengan pemandangan di Eropa. Ketika volume curug sedang deras, pemandangannya terlihat eksotis dari sisi atas.

Kepulan awan tipis yang tercipta dari air yang terhempas terlihat unik. Pemandangan ini menjadi spot menarik untuk dikunjungi.

Citambur memiliki ketinggian air terjun 130 meter. Letaknya tersembunyi di Kabupaten Cianjur bagian Selatan, Jawa Barat. Penamaan Curug Citambur berasal dari bahasa Sunda, “Ci” yang berarti air, dan “Tambur” merupakan alat musik yang dipukul.

Konon, penamaan tersebut dilatarbelakangi oleh air yang turun dari atas tebing. Air tersebut mengeluarkan suara berdegum mirip suara alat musik yang dipukul.

Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk melepaskan penat, mereleksasi tubuh sambil merasakan terpaan angin ditambah dengan percikan air yang dihempaskan angin. Udaranya begitu dingin dan segar. Curug Citambur benar-benar surga tersembunyi yang patut diancungi jempol.

Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk para wisatawan, di antaranya area parkir, toilet, mushala, hingga warung penjual makanan. Tentunya dengan adanya fasilitas-fasilitas ini, para wisatawan akan semakin dimanjakan dan tidak akan kesulitan untuk mencari makan dan tempat beristirahat.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung hanya cukup membeli tiket masuk dengan kisaran harga Rp 3.000 per orang. Jalur menuju Curug Citambur bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Jika Anda berangkat dari Bandung, bisa mengambil arah Ciwidey sampai Kawah Putih. Lalu menuju kawasan perkebunan The Sinumbra hingga sampai di Desa Karang Jaya. Pintu masuk Curug Citambur berada di depan kantor kepala Desa. *

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close