Berita

Pro Kontra Ganjar Potong Gaji ASN

Hasanah.id – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengusulkan gaji PNS golongan III ke atas dipotong 50 persen untuk membantu penanganan corona. Bukannya mendapat dukungan, Ganjar malah di-bully. Kader PDIP itu disebut tak peduli nasib PNS.

“Saya usul seluruh pendapatan kita besok dipotong 50 persen,” kata Ganjar, belum lama ini.

Menurut Ganjar, pemulihan ekonomi karena corona belum akan terjadi dalam waktu dekat. Bahkan tahun depan pun perekonomian masih sulit diprediksi. Dengan pemotongan pendapatan PNS, anggarannya bisa dialokasikan bagi masyarakat yang kena dampak corona. Dengan begitu, rasa peduli pemerintah terhadap rakyatnya bisa ditunjukkan.

Namun, kata Ganjar, PNS yang berada di golongan I dan II tidak termasuk yang mendapat potongan. Adapun yang dimaksudnya adalah golongan III ke atas. Biasanya PNS dengan golongan ini sudah menempati jabatan penting.

Mendengar usulan ini, akun @purwain cuma bisa ngelus dada. “Potongan lagi aja bos. Dikata golongan III gajinya gede kali. Ya Allah,” cuitnya pasrah.

“Misal sudah dipotong, terus buat apa hasil potong itu nantinya? Bukankah sekarang sudah memotong dana APBN dan APBD sekitar 50 persen, tapi belum terlihat fungsinya untuk apa?” timpal @Fair_De.

Akun @frikarasih menganggap penghasilan PNS golongan III cuma pas buat kebutuhan hidup. “Mana ada. Yang ada gapok di bawah UMR tapi biaya hidup tinggi. Ketolong tukin tapi abis untuk cicilan tempat tinggal. Ya amsyong aja kalo dipotong. Ntahlah banget,” sesalnya.

“Bener banget. 50 persen itu angka yang besar. Gaji gol III hanya Rp2,5 juta. Jadi tinggal Rp1,25 juta. Belum potongan wajib koperasi dll Rp150 ribu minimal per bulan. Padahal saya sudah tidak menabung sejak bulan lalu karena bantu beli dagangan teman-teman dan tetangga buat dibagi ke sodara,” rinci @sasantyLoey.

Sementara itu, politisi muda Tanah Air, Tsamara Amani Alatas mendukung langkah Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang mengusulkan adanya pemotongan pendapatan dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurutnya, di tengah masa pandemi ini solidaritas antar sesama anak bangsa jadi kunci agar kehidupan tidak semakin terpuruk.

Hal tersebut dia sampaikan di sebuah video berdurasi 2.14 menit yang diupload pada akun instagramnya, @tsamaradki, Minggu (3/5/2020). Dalam video tersebut, Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menegaskan memberikan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengusulkan pemotongan pendapatan dari Aparatur Sipil Negara.

Apa yang Tsamara sampaikan lewat video tersebut, dia perkuat dengan narasi yang tercantum pada caption unggahannya tersebut.

“Dukung usul Pak @ganjar_pranowo. Saya setuju dengan usul Pak Ganjar untuk memotong pendapatan ASN & mendistribusikannya kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 secara ekonomi,” tulis Tsamara.

Tsamara pun menambahkan sebaiknya pemotongan dilakukan pada ASN dengan pendapatan besar bukan dari golongan I sampai 3 yang tergolong kecil.

 “Sekedar tambahan saran untuk usul Pak @ganjar_pranowo. Yang dipotong adalah tunjangan karena tunjangan lebih besar dari gaji,” katanya.

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close