POLITIK

Puan Maharani Resmi Jadi Ketua DPR RI

Hasanah.id– Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akhirnya resmi ditetapkan dan dilantik sebagai ketua DPR RI, di gedung Parlemen, Jakarta, Selasa malam (1/30). Sementara, Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin dari Partai Golkar, Sufmi Dasco dari Gerindra, Rahmat Gobel dari NasDem, dan Muhaimin Iskandar dari PKB.

Puan menjadi ketua DPR karena memperoleh suara tertinggi dalam Pileg 2019, dan PDIP sebagai partai yang menaungi memiliki hak mendapatkan jatah kursi pimpinan DPR RI karena memiliki suara tertinggi hasil Pemilu 2019.

Perempuan bernama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala itu menduduki kursi ketua DPR, menggantikan Bambang Soesatyo. Berikut profil singkat dan perjalanan Puan Maharani di dunia politik hingga peluangnya melenggang ke kursi ketua DPR RI.

Puan Maharani yang lahir pada 6 September 1973 merupakan putri dari pasangan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan mantan Ketua MPR RI Taufiq Kiemas, sudah mengalir darah politik sejak kecil. Sejak duduk di bangku sekolah hingga lulus dari almamater Universitas Indonesia, cucu Presiden pertama RI Sukarno itu sudah terbiasa dengan dinamika politik yang melibatkan keluarganya.

Tags
Back to top button
Close
Close