ADIKARYA PARLEMENDPRD PROV JABAR

Rafael Situmorang: Maknai Gotong-royong di Hari Lahir Pancasila

ADIKARYA PARLEMEN

Hasanah.id – Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi COVID-19, tidak membuat bangsa Indonesia pesimis dan terpuruk berkepanjangan. Kendati demikian, kita tetap bangkit dan semangat melawan virus corona.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, ungkap Rafael Situmorang S.H., hendaknya dapat menjadi momentum meningkatkan rasa gotong royong membangun segala sektor apalagi ditengah tantangan covid 19 saat ini.

“Yang terpenting dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini adalah bagaimana kita secara sungguh-sungguh memperkokoh rasa kenegaraan dengan menghidupkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Sederhananya adalah bagaimana bahu-membahu meningkatkan rasa kemanusiaan melalui Gotong royong disekitar kita. Contoh kecil mulailah berinisiatif membeli produk-produk di pedagang kecil sekitar kita,” Ujar Rafael, saat dihubungi Kamis, 04/06/2020.

Disinggung apakah Pancasila masih relevan dengan kondisi generasi muda saat  ini? Rafael menyebutkan jika saat ini pendekatannya berbeda. Pendekatan pedoman-pedoman Pancasila bagi  generasi milenia saat ini tidak harus disamakan dengan masa lalu.

“Pendekatannya berbeda, harus dengan cara sederhana (Kekinian. Red) menyampaikan pedoman dan falsafah Pancasila itu dengan tidak harus formalitas. Tentu dengan mengontrol dan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut,” imbuh anggota Komisi I DPRD Jabar, fraksi PDI Perjuangan.

Rafael melanjutkan, dalam momentum lahirnya Pancasila di tengah pandemi virus Corona ini, pihaknya meminta seluruh stakeholder harus sinergi di seluruh lini. Tingkatkan koordinasi kelembagaan dengan bahu-membahu saling menutupi yang lemah.

“Sudah saatnya kita saling support,  menyatukan pendapat, koordinasi antar lini melalui semangat gotong-royong demi masyarakat Jawa Barat khususnya.” Tukasnya. (Uwo-)

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close