Ratusan Hewan Kurban Di Sumedang Mendapatkan SKKH - Hasanah

Ratusan Hewan Kurban Di Sumedang Mendapatkan SKKH

Hasanah.id – Ratusan hewan kurban siap jual yang tersedia di sejumlah bandar di wilayah Jatinunggal dinyatakan sehat. Hal tersebut diketahui setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban yang dilakukan petugas UPTD Perikanan dan Peternakan wilayah Wado (meliputi Kecamatan Wado, Jatinunggal dan Cibugel) beberapa waktu lalu.

Kepala UPTD Perikanan dan Peternakan Wilayah Wado, Leti Nuryati menyebutkan, pemeriksaan kesehatan hewan qurban di wilayah Jatinunggal dilakukan secara marathon di sejumlah bandar yang biasa menyediakan hewan untuk qurban. Seperti di Desa Sukamanah, Cipeundeuy, Kirisik dan Sarimekar. 

“Kami berkewajiban melakukan pemeriksaan kesehatan hewan untuk kurban agar hewan yang siap jual dalam kondisi sehat, bugar sehingga kualitas hewan terjamin,” ujar Leti saat melakukan pengecekan sapi untuk kurban di Sukamanah.

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan qurban dilakukan dengan metode pengamatan kondisi hewan dari tampak luar. Diantaranya umur hewan, pemeriksaan gigi dan peforma badan hewan. Menurutnya indikator hewan untuk qurban yang tergolong sehat memiliki ciri seperti mata cerah, pergerakan normal, tidak dalam kondisi demam dan tidak dalam kondisi diare. “Hewan dengan indikasi tidak demam bisa kami lihat dengan tidak adanya muncul leleran lendir. Jika diare bisa dilihat dari kotoran yang berbentuk cairan. Dalam pemeriksaan kami juga tidak menemukan hewan luka bernanah di tubuh. Makanya kami nyatakan semua hewan baik sapi maupun domba dan kambing yang kami cek sehat,” katanya.

Leti menambahkan, sasaran pemeriksaan kesehatan hewan untuk qurban adalah hewan yang terdapat di bandar besar di wilayah Jatinunggal. Adapun telah dilakukan pemeriksaan sebanyak sekitar 80 Ekor sapi dan 50 ekor domba. Sesuai petunjuk teknis,kata Leti, hewan yang memenuhi syarat layak qurban antara lain, sehat,tidak cacat,tidak kurus, jenis kelamin jantan tidak kebiri,buah zakar lengkap dan cukup umur.

Kemudian, syarat untuk hewan domba atau kambing berumur diatas satu tahun dengan ditandai sudah ganti gigi sepasang. Sedangkan sapi atau kerbau berumur diatas 2 tahun, dengan ditandai sudah ganti gigi tetap sepasang. “Setelah dilakukan pengecekan dan dinyatakan sehat, hewan ditandai dengan kalung sehat serta surat keterangan kesehatan hewan (SKHH) sebagai bukti kesehatan hewan terjamin,” katanya. 

Total
1
Shares
Related Posts