ADIKARYA PARLEMENBerita

Reses DPRD Jabar, Monitoring PPDB Waras Wasisto Blusukan ke SMA Negeri 3 Kota Bekasi

ADIKARYA PARLEMEN

Hasanah.id – Anggota Komisi I DPRD Jabar, Waras Wasisto melaksanakan kegiatan Reses dengan melakukan kunjungan ke SMA Negeri 3 Kota Bekasi dalam rangka monitoring pelaksanaan  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online 2020, Senin 06/07/2020.

Kunjungan tersebut, diterima langsung oleh Kepala sekolah SMA Negeri 3 Kota Bekasi. Dalam pertemuan itu dibahas bagaimana permasalahan pelaksanaan PPDB.

Sebab sejak pendaftaran  PPDB 2020 yang menggunakan sistem zonasi ini dibuka sejumlah persoalan terkait dengan persyaratan administrasi seperti Kartu Keluarga (KK) masih saja terjadi di lapangan. Hal ini menjadi modus untuk mendekatkan diri dengan sekolah yang diinginkannya.

Misalnya menyertakan KK yang tidak sesuai atau masih banyaknya pertanyaan seputar KK yang dipersyaratkan. Karena dalam persyaratan sistem zonasi, ketentuannya adalah KK yang sudah satu tahun diterbitkan.

Ternyata banyak yang menyertakan persyaratan KK-nya baru diterbitkan hanya beberapa bulan sebelum PPDB dilaksanakan atau masih kurang dari satu tahun.

Waras mengatakan, PPDB Jabar tahun ini dilakukan dengan mekanisme online. oleh karena itu, para stakeholder baik pemerintah, kepala sekolah serta orang tua calon peserta didik harus sama-sama memiliki integritas.

“Permasalahan PPDB, Jika diminta 100% harus sempurna jelas tidak mungkin, hanya saja, kami mengimbau khususnya dilapangan seperti sekolah, harus memiliki integritas dan konsisten terhadap aturan yang sudah dibuat pemerintah. Contohnya jika penerapan zonasi ya harus sepakat dengan jalur zonasi. Begitupun masyarakat atau orang tua murid, harusnya mampu menanamkan nilai-nilai integritas pada anak-anaknya.” Ujar Waras yang dihubungi melalui selulernya.

Waras menambahkan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengawasi secara langsung proses PPDB, namun proses monitoring ini dilakukan untuk dijadikan peringatan bagi kita untuk melakukan yang terbaik dalam proses PPDB.

“Menanamkan integritas itu kunci kesuksesan proses PPDB, enggak usah kolusi dan ikuti saja ketentuan serta aturan yang semestinya,” tegas Waras.

Secara umum Waras menyampaikan jika proses pelaksanaan PPDB di kota Bekasi telah berjalan dengan baik. Hasil monitoringnya ke SMA Negeri 3 dijelaskan jika pihak sekolah telah menjalankan instruksi dan arahan dari pemerintah provinsi.

“Kami melihat(SMA Negeri 3, red)  secara teknis telah berjalan sesuai harapan, mudah-mudahan menjadi contoh bagi sekolah lainnya dengan tetap menjaga konsistensi terhadap aturan.” Tukasnya. (Uwo-)

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close