JABAR

Selain DPRD JABAR, Anggota DPRD Kota Cimahi Turut Serta Gadaikan SK

Hasanah.id– Tak hanya anggota DPRD Jabar yang menggadaikan SK penetapan anggota dewan, anggota DPRD Kota Cimahi pun melakukan hal sama. Untuk sementara, tercatat 10 dari 45 anggota periode 2019 – 2024 mulai mengajukan pinjaman kredit dengan menggadaikan SK anggota legislatif ke bank.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Setwan Kota Cimahi Danu saat ditemui di Gedung DPRD Kota Cimahi, Cimahi Tengah, Kota Cimahi pada Jumat (13/9/2019).

Kendati demikian, pengajuan tersebut belum bisa dipenuhi sekarang, karena SK Anggota DPRD belum terbit.

“Memang sudah ada yang mengajukan, sekitar 10 orang tapi masih menunggu dulu kelengkapan selesai karena belum turun SK dari Provinsi Jawa Barat,” kata Danu, Jumat (13/9/2019).

Ia mengatakan mekanisme peminjaman ke bank harus melalui persetujuan Sekretariat Dewan (Setwan) dan disetujui oleh bendahara. “Itu harus ada persetujuan sebagai syarat administrasi, agar kami memiliki data,” katanya.

Peminjaman bisa dilakukan ke Bank Jawa Barat (BJB) dan BJB Syariah yang telah bekerja sama dengan Setwan Kota Cimahi, maupun bank yang ditunjuk oleh anggota yang bersangkutan.

Setelah administrasi selesai, maka tahap selanjutnya yakni akad kredit antara anggota dewan dengan pihak bank tanpa ada ikut campur dari pihak Setwan.

“Setelah itu kami lepas tangan, karena fasilitasi dari Setwan hanya sebatas administrasi. Nominal juga kami tidak tahu berapa, itu tergantung pengajuan dari dewan dan persetujuan bank,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun detikcom, pinjaman untuk DPRD petahana maksimal Rp 1 miliar. Sedangkan untuk anggota dewan baru mencapai Rp 500 juta.

Pada periode 2014-2019, hampir 80 persen dari 45 anggota DPRD Kota Cimahi mengajukan pinjaman ke bank.

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close