LIFE STYLE

Seorang Kakek Berumur 100 Tahun Sembuh Dari Corona

Hasanah.id – Pulih dari virus korona seorang lelaki Ethiopia yang diyakini berusia setidaknya 100 tahun merupakan hal  “luar biasa”, salah satu dokter yang merawatnya memberi tahu.

Keluarga Aba Tilahun Wolde michael mengatakan dia berusia 114 tahun, yang akan membuatnya menjadi lelaki tertua di dunia, tetapi tidak ada akta kelahiran untuk mengkonfirmasi umurnya.

Orang di atas usia 80 dianggap paling rentan jika mereka tertular virus.

Si centenarian, yang adalah seorang biarawan Kristen Ortodoks Ethiopia, kini dirawat di rumah oleh cucunya.

“Ketika saya berada di rumah sakit saya berdoa kepada Tuhan meminta kesehatan saya. Saya menangis dan berdoa agar seluruh negara menjadi sehat kembali,” katanya.

Aba Tilahun dinyatakan positif terkena virus ketika proses test acak dilakukan di lingkungannya di ibu kota, Addis Ababa, dan dirawat di rumah sakit sebelum gejalanya muncul, Dr Hiluf Abate mengatakannya.

Ini memungkinkan tim medis untuk proaktif dengan perawatannya dan memonitor secara dekat orang tua itu, tambahnya.

Dalam waktu empat hari sejak ia dirawat di bangsal virus koron rumah sakit Yeka Kotebe, kondisi Aba Tilahun semakin memburuk ketika virus itu bertahan dan ia memakai oksigen, kata Dr. Hiluf.

Secara keseluruhan ia menghabiskan 14 hari di rumah sakit, dan dirawat dengan oksigen selama lebih dari seminggu.

Dia juga diberikan anti-biotik dan deksametason obat anti-inflamasi, yang telah dipuji sebagai pengobatan inovatif bagi pasien rumah sakit yang sakit parah dengan Covid-19.

Ethiopia, yang memiliki pembatasan ketat terhadap virus korona, telah mencatat lebih dari 5.000 kasus yang dikonfirmasi dan 81 kematian.

Meskipun rumah sakit tidak dapat mengkonfirmasi bahwa pasiennya berusia 114 tahun, tim medis mengatakan bahwa ia jelas berusia lebih dari 100 dan memperkirakan bahwa ia berusia 109 tahun.

Di masa mudanya, ia pindah ke Addis Ababa dari Ethiopia selatan ketika ia masih muda dan telah mengalami masa-masa sulit di negaranya.

Dia menyaksikan pendudukan Italia antara 1935 dan 1941, penggulingan Kaisar Haile Selassie pada tahun 1974, runtuhnya rezim Derg Marxis pada tahun 1991 dan sekarang dia telah selamat dari Covid-19.

Selama bertahun-tahun ia telah menjalani kehidupan sederhana sebagai seorang bhikkhu; “Aba” adalah nama yang berarti “Ayah”.

Tetapi ketika dia masih muda dia bekerja sebagai tukang listrik, pelukis rumah dan tukang jaga umum, cucunya yang berusia 24 tahun Binyam Lulseged Tilahun memberi tahu.

Kakeknya baik-baik saja dan terlihat sehat meskipun usianya sudah lanjut, namun efek samping dari virus tersebut telah melemahkan suaranya, Binyam menambahkan.

Untuk mengurangi penyebaran virus corona, Ethiopia menetapkan keadaan darurat pada bulan April yang menutup sekolah dan taman bermain, melarang pertemuan besar dan acara olahraga, dan mengurangi jumlah penumpang pada transportasi umum. Tetapi bisnis tetap terbuka.

Tags
Back to top button
Close
Close