TEKNOLOGI

Super Computer Buatan Jepang Sedang Memerangi Corona Virus

Hasanah.id – Super Computer yang dinobatkan sebagai komputer tercepat didunia sekarang sedang dioptimalisasikan untuk berperang melawan virus corona, Fugaku super computer buatan jepang yang berhasil merebut tempat pertama pada hari senin sebagai komputer tercepat didunia mengalahkan mesin IBM dari Amerika serikat, setelah melakukan perhitungan 2,8 lebih banyak perdetik daripada super computer lain yang bernama summit.

Mesin AS, yang disebut Summit ini, berada di puncak daftar Top 500  empat tahun sebelumnya.

Kemenangan Fugaku memecah dominasi AS dan Cina dalam jangka panjang, mengembalikan Jepang ke puncak untuk pertama kalinya dalam 11 tahun Top 500 peringkat sistem komputer non-terdistribusi paling kuat di dunia.

Fugaku telah bekerja untuk memerangi virus corona, mensimulasikan bagaimana droplets akan menyebar di ruang kantor atau di kereta ketika jendela terbuka.

Ketika sudah beroperasi penuh tahun depan, para ahli berharap mesin itu juga akan dapat membantu mempersempit pencarian pengobatan yang efektif untuk virus tersebut.

Mesin seukuran kamar tidur di kota Kobe dan dikembangkan lebih dari enam tahun oleh perusahaan teknologi Jepang Fujitsu dan Riken Institute yang didukung pemerintah. Namanya adalah nama lain Gunung Fuji.

Kinerjanya diukur pada 415,53 petaflops, 2,8 kali lebih cepat dari 148,6 petaflops pada pengujian kedua. Sedangkan mesin AS  bertempat di Laboratorium Nasional Oak Ridge di Tennessee. Superkomputer diklasifikasikan 1.000 kali lebih cepat dari komputer biasa.

“Saya berharap bahwa super computer terdepan yang dikembangkan olehnya akan berkontribusi pada kemajuan besar pada tantangan sosial yang sulit seperti Covid-19,” kata Satoshi Matsuoka, kepala Pusat Ilmu Komputasi Riken.

Tempat ketiga dalam daftar masuk ke sistem IBM lain, di Lawrence Livermore National Laboratory di California, sedangkan tempat keempat dan kelima diambil oleh komputer di Cina.

Fugaku juga menduduki peringkat teratas kinerja komputer super lainnya, menjadi yang pertama yang secara bersamaan duduk di atas daftar Graph 500, HPCG, dan HPL-AI.

Tags
Back to top button
Close
Close