NASIONAL

Tak Mudik Ke Solo, Jokowi Rayakan Idul Fitri di Istana Bogor

Hasanah.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingati hari raya Idul Fitri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Jokowi memastikan tidak mudik ke Solo, Jawa Tengah.

“Presiden Joko Widodo memastikan tidak akan mudik ke Solo pada Lebaran tahun ini. Esok, Presiden akan merayakan Idul Fitri di Istana Bogor, Jawa Barat. Ini sebagai komitmen dalam penerapan physical distancing dan mengurangi potensi penyebaran COVID-19,” ujar Jubir Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/5/2020), seperti dilansir detik.com.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Jokowi biasanya merayakan Idul Fitri di Istana Kepresidenan Bogor atau di Jakarta, menggelar halalbihalal, dan mudik ke Solo. Untuk tahun ini, Angkie memastikan Jokowi tidak menggelar halalbihalal.

“Untuk silaturahmi atau open house sementara ditiadakan mengingat kondisi yang tidak memungkinkan,” kata Angkie.

Tidak digelarnya open house, kata Angkie, sebagai komitmen Jokowi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Angkie menambahkan Jokowi juga tetap memantau situasi nasional saat Idul Fitri.

“Meskipun sedang dalam suasana Idul Fitri, Presiden menegaskan akan tetap memantau perkembangan situasi nasional, utamanya penanganan pandemi COVID-19,” ucapnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyampaikan ucapan selamat perayaan Hari Raya Idul Fitri dalam acara takbir virtual yang digelar Kementerian Agama. Jokowi menyampaikan, momen Idul Fitri kali ini menjadi waktu yang tepat untuk menjaga keutuhan bangsa di tengah pandemi.

“Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk terus menjaga keutuhan bangsa, menjaga erat tali persaudaraan dan ikatan persatuan di antara kita sebagai anak bangsa. Semoga Allah SWT senantiasa meridai ikhtiar kita bersama untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 dan diberi kekuatan pada kita untuk menjadi pemenangnnya,” kata Jokowi dalam acara takbiran virtual yang disiarkan langsung, Sabtu (23/5/2020).

Jokowi menyebut, Ramadhan merupakan bulan untuk meningkatkan ketakwaan seseorang. Dia mengatakan, amaliah selama bulan Ramadhan harus terus dilanjutkan di bulan-bulan setelahnya.

Jokowi juga mengatakan hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi ini menambah peluang untuk umatnya saling berbagi, berzakat dan bersedekah. Jokowi mengatakan, dalam kondisi apapun, jika Allah SWT menghendaki akan membuahkan hikmah hingga hidayah.

“Dalam keadaan senang ataupun sedih, berlimpah atau kekurangan, sulit ataupun mudah, rumit atau sederhana, jika Allah SWT benar-benar menghendakinya dan kita bisa menerimanya dengan ikhlas dalam takwa dan tawakal sesungguhnya hal tersebut akan membuat berkah membuahkan hikmah, membuahkan rejeki, dan hidayah,” ujar Jokowi.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah,” ujar Jokowi.(*)

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close