NASIONALOLAHRAGA

Cabor Tarung Derajat Kota Bandung Siapkan 6 Atlet Pelatdapon

Hasanah.id, Bandung- Kota Bandung merupakan perintis Seni Ilmu Olahraga Bela Diri Tarung Derajat. Untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi, cabang olahraga Tarung Derajat Kota Bandung telah menetapkan beberapa atlet untuk mengikuti kejuaraan pelatdapon dan pomnas di 2019.

Menurut salah seorang pelatih cabor tarung derajat di kota Bandung Heri Kustiawan S.Pd mengatakan, kini Kota Bandung menyiapkan sebanyak 6 atlet untuk mengikuti pelatdapon cabang olah raga tarung derajat.

“Dari 6 atlet ini, merupakan 3 atlet putra dan 3 atlet putri. Ke 6 petarung ini telah mengikuti dan merupakan hasil seleksi,” ujar Heri saat melatih para petarung di Gedung Olah Raga Jalan Sukabumi Kota Bandung, Kamis malam (5/9/2019).

Diakuinya, Kota Bandung sudah banyak melahirkan atlet-atlet cabor tarung derajat yang meraih prestasi di tingkat Nasional. Untuk menghadapi kejuaraan ini pihak pelatih akan menambah waktu untuk berlatih dan menambah ilmunya.

Pelatdapon ini terbagi dari dua yaitu ada sentralisasi dan desentralisasi. Untuk pelatihan dilakukan di Jalak Harupat, GOR Pajajaran,”ujarnya.

Heri mengharapkan semua bisa meraih prestasi yang terbaik dan membawa nama baik Tarung Derajat Kota Bandung. Meskipun ada beberapa kendala yang harus di hadapi.

Tarung Derajat Kota Bandung
Menghadapi PON Papua 2020, Atlet Tarung Derajat Melakukukan Latihan Rutin.

“Semoga ke 6 atlet kita bisa meraih medali emas. Untuk kendala kami terbentur dengan dana,”pungkasnya.

Sementara menurut Putri Desiyanti Azhara salah seorang peserta yang akan mengikuti pelatdapon, mengharapkan untuk merebut kembali medali emas.

“Untuk persiapan menghadapi kompetisi tersebut, kami akan sering berlatih juga menjaga fisik dan mental,”harapnya.

Seperti diketahui, Tarung Derajat merupakan seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan dan dirintis oleh Achmad Dradjat asal kota Bandung – Jawa Barat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung.

Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional yang dideklarasikan di Bandung 18 Juli 1972 oleh peciptanya Achmad Dradjat yang memiliki nama julukan dengan panggilan Aa Boxer.

Sejak 1990-an, Tarung Derajat telah disempurnakan untuk olahraga. Pada tahun 1997, Tarung Derajat resmi menjadi anggota KONI. Sejak itu, Tarung Derajat memiliki tempat di Pekan Olahraga Nasional.

Gelar “SANG GURU” menjadi sebuah panggilan kehormatan dan penghargaan sekaligus sebagai Saripati Jati Dirinya dari apa yang diperjuangkannya dalam menciptakan ilmu Olah Raga Seni Pembelaan Diri TARUNG DERAJAT. “Box!” adalah salam persaudaraan di antara anggota Tarung Derajat. Tarung Derajat dijuluki sebagai “Boxer”. Praktisi Tarung Derajat disebut “Petarung”.

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close