Wabup Sumedang Hadiri Peresmian Creative Centre Kota Bogor - Hasanah

Wabup Sumedang Hadiri Peresmian Creative Centre Kota Bogor

Hasanah.id – Wakil Bupati Erwan Setiawan menghadiri peresmian Creative Centre Kota Bogor oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Selasa (25/5).

Selain oleh Wabup Sumedang, acara dihadiri pula oleh sejumlah kepala daerah dari Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Bekasi, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Bogor.

Semuanya turut menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pemda Provinsi Jabar terkait pengembangan ekonomi kreatif.

Adapun ruang lingkup kerja sama diantaranya adalah pengembangan kapasitas pelaku ekonomi kreatif, sinkronisasi program ekonomi kreatif, pertukaran data dan informasi ekonomi kreatif, pemanfaatan Gedung Creative Centre, dan aktivasi Creative Centre.

Gedung Creative Centre Kota Bogor yang bertempat di bekas kantor Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) atau BKPP Jabar tersebut diharapkan dapat menjadi ruang bagi pemuda Kota Bogor untuk berkreasi dan beraktivitas.

“Sekarang kita fasilitasi di sebuah tempat, tanahnya milik Provinsi untuk dijadikan tempat mengekspresikan dan mentransformasi karya menjadi nilai ekonomi,” kata Kang Emil

Komunitas-komunitas kreatif di Bogor Raya dapat memanfaatkan Creative Centre setiap hari dengan kegiatan bertema dan tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi.

Terkait kerja sama dengan Pemda Kabupaten/Kota dalam pengembangan ekonomi kreatif, Emil meminta masing-masing kepala daerah mampu memaksimalkan lembaga yang ada.

“Saya titip kepada kepala daerah di kota/kabupaten juga punya badan ekonomi kreatif lokalnya, sebagai dasar hukum lembaga untuk menghimpun ini secara jelas,” kata Kang Emil.

Kang Emil mengatakan, pembentukan badan ekonomi kreatif di kabupaten/kota merupakan salah satu upaya untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai syarat mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Itu kalau tidak dipersiapkan, mayoritas penduduk Indonesia malah jadi beban, bukan jadi mesin negara. Inilah cara generasi kami yang sedang memimpin. Generasi X ini untuk mewadahi lahirnya pondasi gagasan agar kita menjadi bangsa pemenang,” ucapnya.

Total
0
Shares
Related Posts