DPRD PROV JABAR

Wakil Ketua DPRD Jabar : Izin Tambang Dan Amdal PT MSS Harus Dievaluasi

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari mengatakan izin pertambangan PT Mandiri Maju Sejahtera (MSS) harus dievaluasi berserta Amdal nya.

Hal tersebut disampaikan Ineu menanggapi peristiwa hujan batu karena pertambangan yang dilakukan PT MSS. Akibat peristiwa ledakan tersebut, sejumlah rumah di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta rusak tertimpa batu.

“Harus evaluasi menyeluruh terkait izin dan amdal-nya, jangan sampai longsor terjadi. Kalau masyarakat minta dihentikan, bisa saja supaya tidak terulang lagi,” kata Ineu melalui sambungan telepon, Rabu (10/10/2019).

Ineu menyebutkan, kejadian tersebut sebenarnya tidak hanya dan terjadi di Purwakarta. Sebab, dirinya mendapati di beberapa daerah lainnya di Jawa Barat, seperti di Gunung Geulis, Sumedang juga kerap terjadi longsor akibat pertambangan.

“Kalau kesalahan dan akan terjadi gempa terjadi bisa saja dicabut izinnya,” kata dia.

DPRD Jabar sendiri, rencananya akan meninjau secara langsung dampak dari peristiwa tersebut. Peninjauan akan dilakukan sejumlah fraksi di DPRD Jabar untuk memastikan dan mengavaluasi perizinan PT MSS di Purwakarta.

“Kita mau kesana melihat langsung. Nanti kita harus bagaimana tentunya dibicarakan supaya tidak terjadi kesalahan serupa,” tuturnya. (man)

Tags
Back to top button
Close
Close