ADIKARYA PARLEMENDPRD PROV JABAR

Waras Wasisto: Hari Lahir Pancasila Momentum Bangun Solidaritas dan Gotong Royong

ADIKARYA PARLEMEN

Hasanah.id – Anggota Komisi I  DPRD Provinsi Jawa Barat, Waras Wasisto memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut Waras, di masa sulit seperti ini perlunya sikap kewaspadaan melawan Pancasila yakni individualisme.

Jiwa dan gaya hidup individualis yang semakin kental di tengah kehidupan bermasyarakat sekarang ini tidak sepadan dengan salah satu butir Pancasila, yakni gotong royong dan peduli dengan sesama serta memberi pertolongan kepada orang lain.

“Saat pandemi seperti ini, kita harusnya menjauhi sikap individualis. Justru harus memperbanyak empati dalam membantu sesama. Individualisme hanya dapat dikalahkan dengan rasa kemanusiaan. Kemanusiaan akan melahirkan kehidupan yang seimbang antara pemenuhan kebutuhan pribadi dan kebutuhan bersama dalam masyarakat itu sendiri,” kata Waras, Rabu (03/6/2020).

Waras berharap, masyarakat terus mengingat pesan para pendiri bangsa yang diwariskan yakni Pancasila sebagai pandangan dan tatanan hidup.

“Agar kita selalu mengingat bahwa bangsa ini dibangun dari semangat kemanusiaan, kekeluargaan, solidaritas dan gotong royong,” ucapnya.

Lebih lanjut, Koordinator Satgas Lawan Covid-19 ini mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkali-kali berpesan dalam penanganan pandemi ini, sikap bergotong royong harus ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu, di hari peringatan kelahiran Pancasila, hendaknya menjadi momentum membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan. Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat bersatu dan bergotong rotong melawan pandemi Corona.

“Mari kita rapatkan barisan, seluruh elemen masyarakat kita bersatu dan bergotong royong dalam rangka pemulihan, dalam masa transisi menuju Normal baru dengan disiplin. Karena disiplin adalah salah satu bentuk bela negara,” kata Waras.

Waras kembali menegaskan juga mengajak kaum muda, semangat gotong royong adalah intisari dari Pancasila. Semangat kebersamaan dan solidaritas sosial khas Indonesia ini adalah bagian dari ruh bangsa.

“Tunjukkan kepada dunia, bahwa dengan semangat gotong royong, Indonesia bisa melewati krisis ini dengan mudah,” pungkasnya. (Uwo-)

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close