ADIKARYA PARLEMENBerita

Waras Wasisto: Kunci Sukses Pelaksanaan PPDB Jabar adalah Integritas dan Konsistensi terhadap Aturan

ADIKARYA PARLEMEN

Hasanah.id – Berbagai evaluasi juga akan dilakukan terkait pelaksanaan Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jabar yang dilakukan secara daring. Evaluasi diharapkan bisa memperbaiki proses PPDB di tahun-tahun mendatang.

Menyikapi hal tersebut, Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Waras Wasisto mengatakan, jika permasalahan PPDB setiap tahun selalu ada permasalahan. Menurutnya, berbagai persoalan selalu muncul di ujung tahapan seleksi siswa baru tersebut.

“Jika diminta 100% harus sempurna jelas tidak mungkin, hanya saja, kami mengimbau pemerintah khususnnya Dinas Pendidikan harus memiliki integritas dan konsisten terhadap aturan yang sudah dibuat. Contohnya jika penerapan jalur prestasi ya harus ikuti aturan jalur prestasi, jika aturannya zonasi ya harus sepakat dengan jalur zonasi.” Ujar Waras yang dihubungi melalui selulernya, Jumat 03/07/2020.

Menurutnya, selain Dinas Pendidikan, sekolah sebagai penyelenggara di bagian hilir harus mampu menjaga marwah dan citra pendidikan Jawa Barat dengan memiliki integritas, sistem dan aturan yang jelas.

“Intinya kalau konsisten, semua pihak pasti akan menerima,” tegasnya.

Ditambahkan Waras, sebagai salah satu bentuk evaluasi, pihaknya menyebutkan jika dalam pelaksanaan PPDB  masih adanya intervensi-intervensi sejumlah pihak terhadap panitia pelaksana, baik eksekutif, legislatif maupun para stakeholder lainnya yang mempengaruhi jalannya proses seleksi PPDB.

“Banyak yang melaporkan, para stakeholder baik dari eksekutif maupun di legislatif yang melakukan intervensi dalam pelaksanaan PPDB. Ini harus sama-sama kita evaluasi demi terciptanya konsistensi sistem pendidikan di Jawa Barat.” Ungkap anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Jika masih ditemukan persoalan terutama yang melanggar hukum, Waras meminta adanya sanksi tegas bagi oknum-oknum yang mencederai proses pelaksanaan PPDB tersebut.

Dia berharap, berbagai tahapan dan evaluasi yang sudah dijalankan ini bisa meminimalisasi persoalan seperti yang terjadi pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Namun, menurutnya perlu peran dari semua pihak agar PPDB ini berjalan lancar dan berlandaskan azas keadilan, objektif, dan akuntabel. (Uwo-)

Tags

Berita Terkait

Back to top button
Close
Close