Proyek ini dimulai dengan wawancara mendalam bersama mahasiswa ASD untuk memahami kebutuhan mereka terkait fungsi kognitif dan pembelajaran. Informasi yang diperoleh kemudian diterjemahkan ke dalam animasi visual yang dirancang untuk mendukung stabilitas emosi, menjaga fokus, dan meningkatkan kualitas pembelajaran mereka.
Candy Reggi Sonia, S.Ds., M.Ds. dari Communication of Student Affairs mengungkapkan, “Ini dibuat untuk menemukan benang merah emosi dan nalar mereka tetap stabil dalam kegiatan perkuliahan, misalnya untuk tetap fokus. Penelitian ini seru karena didukung tim yang kuat juga di dalamnya.”
Dr. Christina Tedja, S.Psi, M.Psi, salah satu pakar psikologi yang terlibat, menambahkan, “Awal dilakukan wawancara untuk mengetahui kebutuhan apa yang diinginkan mereka terkait fungsi kognitif dan pembelajaran. Setelah itu, kita bentuk animasi secara visual dan diuji coba dengan penyandang autism.”
Inisiatif ini juga mendapat apresiasi dari Psikolog Putri Lenggo Geni, S.Psi, M.Psi, yang mengatakan, “Saya terkesan dengan inisiatif ini, karena BINUS sangat suportif dengan mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus seperti ini. Ini memberikan ruang dan pendidikan yang sama untuk seluruh BINUSIAN.”