NASIONAL | Rusunawa Disiapkan untuk Kelompok Disabilitas

Disabilitas Solo Dapat Perhatian dari Kemensos, Disiapkan Rusunawa

Rusunawa untuk Disabilitas
Tri Rismaharini dan Gibran Rakabuming di pembukaan Sentra Kreasi Atensi. ©2021 Merdeka.com/Ar

Hasanah.id, Solo – Rusunawa bagi penyandang disabilitas dan binaan di sejumlah kota besar tahun depan akan dibangun oleh Kementerian Sosial. Salah satunya akan dibangun 1 blok di Solo yang terdiri dari 100 unit.

Rencana pembangunan rusunawa itu disampaikan Menteri Sosial, Tri Risma saat pembukaan Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Balai Besar Soeharso, Kota Solo, Senin 30 Agustus 2021.

“Saya akan bangun rusunawa 100 unit bagi masyarakat kurang mampu tahun depan. Nantinya lantai satunya khusus untuk disabilitas,” ungkap Risma.

Untuk biaya sewa rusun, kata Risma, dikenakan tarif Rp 10 ribu per bulan bagi penyewa. Nantinya bagi penyandang disabilitas bisa berwirausaha, ada urban farming, ternak ayam petelur dan lele.

“Saya minta yang lantai bawah untuk penyandang disabilitas. Silakan Mas Gibran (Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka), bisa menentukan mulai bisa mendata. Karena ini relatif cepat, sudah diputuskan. Tahun depan sudah lelang,” lanjut Risma.

Mantan Wali Kota Surabaya ini mengungkapkan alasan membangun rusunawa di lokasi dengan Sentra Kreasi Asistensi Rehabilitasi Sosial agar disabilitas nanti bisa bekerja tak jauh dari tempat tinggal.

“Ini tujuannya agar mereka tidak keluar, kalau mereka tidak mempunyai pekerjaan. Kita akan lakukan treatment untuk bagaimana mereka bisa mengakses perekonomian,” katanya.

Menurut Risma, Rusunawa yang akan dibangun di Kota Solo tersebut terintegrasi dengan gedung RC Workshop. Di gedung tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas usaha. Koperasi, toko, usaha tanaman hidroponik hingga kafe.

Menanggapi arahan Risma, Gibran mengatakan pembangunan akan dimulai tahun depan.

“Pembangunan rusunawa ini bersamaan dengan pembangunan Rusunawa di kawasan Semanggi. Nanti saya koordinasi lagi dengan Bu Menteri. Nanti akan dilakukan pada tahun depan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam acara peresmian Sentra Kreasi Atensi Surakarta tersebut, Mensos.Tri Rismaharini juga menyerahkan bantuan sosial kepada 43 anak yatim piatu karena COVID-19, bantuan kewirausahaan kepada 73 orang, bantuan aksesibilitas kepada 23 penyandang disabilitas, serta bantuan kebutuhan dasar.

Total
3
Shares
Related Posts