Gayung Bersambut Jokowi-Mega, Ketua Umum PDIP Meminta Kursi Mentri Terbanyak - Hasanah

Gayung Bersambut Jokowi-Mega, Ketua Umum PDIP Meminta Kursi Mentri Terbanyak

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Sukarno Putri terang-terangan meminta jatah kursi menteri paling banyak di kabinet Jokowi-Ma’ruf. Gayung bersambut, Jokowi pun menyanggupi. 

Momen ‘gayung bersambut’ ini terjadi di pembukaan Kongres V PDIP di Grand Inna Bali Beach Hotel, Kamis (8/8/2019). Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, awalnya menyinggung kursi kabinet saat memberikan pidato politik. 

“Ini di dalam kongres partai, Bapak Presiden, saya meminta dengan hormat bahwa PDIP akan masuk dalam kabinet dengan jumlah menteri harus terbanyak,” kata Mega.

“Itu namanya baru pukulan. Deb,” sambungnya.

Mega lantas ‘mensimulasikan’ kemungkinan apabila cuma ditawari menteri yang jumlahnya sedikit. Kalau cuma empat, jelas PDIP tidak mau.

“Jangan nanti, ‘Ibu Mega, saya kira karena PDIP sudah banyak kemenangan sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma empat’. Wee… emoh. Tidak mau. Tidak mau. Tidak mau. Orang yang nggak dapet aja minta,” kata Megawati yang diikuti oleh seruan hadirin tanda menyetujui.

“Horeee,” sambung Mega.

Jokowi tak butuh waktu lama untuk merespons permintaan Mega itu. Setelah pidato politik, Mega resmi membuka Kongres V PDIP didampingi Jokowi. 

Jokowi lalu ganti memberikan pidato. Menjelang penghujung pidatonya, Jokowi menyinggung permintaan Megawati soal kursi kabinet untuk PDIP. 

“Mengenai menteri. Tadi Bu Mega kan menyampaikan jangan empat dong. Tapi kalau yang lain dua, tapi PDIP empat kan sudah dua kali (lipat),” tutur Jokowi.

“Yang jelas, PDIP pasti yang terbanyak. Itu jaminan saya,” sambung Jokowi.

Salah satu hal yang akan dibahas di Kongres V PDIP ini adalah desain kabinet Jokowi-Ma’ruf. Terkait itu, Jokowi tak masalah.

“Ya semuanya kan lewat hitungan kalkulasi kajian-kajian yang disesuaikan dengan kepentingan bangsa, kepentingan negara. Kalau memang baik untuk bangsa dan negara, kenapa tidak, dan semuanya,” kata Jokowi setelah acara.

Total
0
Shares
Related Posts