Hari Lahir Pancasila, Rafael Situmorang Ajak Masyarakat Memaknai Nilai Luhur Pancasila Ditengah Pandemi Covid-19 - Hasanah

Hari Lahir Pancasila, Rafael Situmorang Ajak Masyarakat Memaknai Nilai Luhur Pancasila Ditengah Pandemi Covid-19

ADHIKARYA PARLEMEN

Hasanah.id – Bandung. Hari Iahir Pancasila di tanggal 1 Juni menjadi pengingat bagi seluruh elemen masyarakat, untuk meresapi nilai-nilai luhur yang termuat di dalamnya.

Nilai-nilai persatuan dan keadilan sosial menjadi relevan dengan kondisi saat ini.
Disampaikan anggota komisi I DPRD Jabar Rafael Situmorang, S.H., Pancasila merupakan pemersatu bagi masyarakat Indonesia.

Pancasila, kata dia, mengajarkan seluruh elemen bangsa dari beragam suku dan budaya untuk selalu guyub dan mengedepankan gotong royong.

“Pancasila itu lahir dari akar budaya Indonesia yang otentik di mana meskipun latar belakang masyarakat kita sangat beragam tapi semangat gotong royong, solidaritas, saling bantu, dan keguyuban menjadi khas kekuatan kita, ini harus terus kita jaga, yang menjadi ideologi dan dasar kita menyatakan untuk bernegara dan berbangsa,” papar Rafael, Rabu (02/06/2021).

Rafael menambahkan, Pancasila telah mengamanatkan agar keadilan sosial dalam bentuk kesejahteraan bisa dirasakan secara merata oleh seluruh lapisan masyarakat. Ia menyebut, kesejahteraan akan membuat individu resisten terhadap paparan radikalisme atau paham lainnya yang merusak keutuhan bangsa.

“Khususnya saat keadilan sosial bisa dirasakan oleh masyarakat, maka Pancasila akan semakin mengakar dalam kehidupan masyarakat, jadi mewujudkan keadilan dan kesejahteraan adalah cara terbaik untuk mengatasi paham-paham yang memecah keutuhan bangsa,” jelas legislator PDI Perjuangan ini.

Rafael mengatakan, dari awal ia sudah membuktikan bahwa Pancasila ini sangat penting untuk diimplementasikan dan direnungkan serta dilakukan di tengah-tengah masyarakat.

“Mari, Kita sebagai anak bangsa wajib mengimplementasikan, merenungkan dan mengkaji makna dari 5 butir Pancasila dari sila pertama sampai dengan sila ke lima yang mempunyai makna masing-masing dari butir sila Pancasila tersebut,” imbuhnya.

Disinggung kondisi pandemi saat ini, Rafael menambah dampak Covid-19 ini bukan hanya sektor kesehatan saja, tetapi sudah berdampak ke sektor ekonomi, politik dan keamanan.

“Maka mari kita bersama-sama implementasikan makna Pancasila melalui semangat gotong royong, junjung tinggi solidaritas menjadi kekuatan dalam menanggulangi dan mencegah penyebaran covid-19 ini serta mendukung aktif dengan tetap menerapkan aturan prokes dari pemerintah,” pungkasnya. (Uwo)

Total
0
Shares
Related Posts