“Prosentase generasi Z dan milenial menjadi sasaran dan perhatian PDI Perjuangan, melalui sosialisasi seperti ini harapannya adalah mereka bisa mengerti dan paham bagaimana turut serta berkontribusi dengan baik terhadap pasangan calon baik Capres-cawapres maupun para Caleg dan yang pasti mereka harus melek politik,” jelas Ineu Purwadewi, yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Jawa Barat.
Ineu menjelaskan, pemilih dari kalangan Gen Z dan milenial ini menjadi mayoritas di Pilpres 2024. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2024 didominasi oleh kelompok generasi milenial (kelahiran 1980 – 1994) sebanyak 66,8 juta pemilih (33,0 persen) dan Gen Z (kelahiran 1995 – 2000) sebanyak 46,8 juta pemilih (22,8 persen). Total kedua generasi porsinya 56,4 persen suara.
“Pemilih dari kalangan Gen Z dan milenial ini menjadi mayoritas di Pilpres 2024 hal ini juga disampaikan oleh Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo tentunya menjadi kekuatan potensial sebagai potential voter yang ada,” imbuhnya.