Jelang Pilkada 2020, DPRD Jabar Ingatkan Resiko Klaster Baru - Hasanah

Jelang Pilkada 2020, DPRD Jabar Ingatkan Resiko Klaster Baru

ADHIKARYA PARLEMEN

Hasanah.id – Bandung. Komisi I DPRD Jawa Barat meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat untuk memastikan protokol kesehatan ditaati tidak hanya pada persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), namun juga sampai pelaksanaan Pilkada Serentak nanti.

“Hal ini penting dilakukan supaya tidak menimbulkan potensi penyebaran Covid 19 atau mencegah kluster baru, kluster Pilkada serentak nanti,” ucap anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Rafael Situmorang, Senin 23/11/2020.

Rafael mengatakan, tugas Bawaslu Jabar pada Pemilu kali ini bertambah tak hanya mengawasi pelanggaran-pelanggaran Pemilu namun juga termasuk soal disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

“Peran Bawaslu Jabar sangat penting dalam pelaksanaan Pilkada. Sehingga diperlukan supervisi agar protokol medis dijalankan dengan baik. Kami mengingatkan Bawaslu Jabar agar pada pelaksanaannya bisa mencegah risiko munculnya kluster baru,” ujar Rafael.

Diungkapkan Rafel, ia melihat memang dilematis pelaksanaan pilkada di masa pandemi ini. Di satu sisi paslon harus mematuhi protokol kesehatan seperti tidak melakukan kegiatan pengumpulan massa, di sisi lain ingin bertemu masyarakat calon pemilih untuk menyampaikan visi dan misinya secara langsung.

“Masyarakat juga merasakan hal yang sama. Yakni, ingin segera mendapatkan pemimpin yang baik untuk daerahnya, tapi rakyat masih takut terjangkit virus mematikan ini. Pada kenyataannya pesta demokrasi ini harus tetap digelar sebab pemerintah sudah memutuskan pilkada serentak berjalan. Sebagai masyarakat harus mendukung dan melaksanakan,” singgungnya.

Untuk itu, politikus PDI Perjuangan ini meminta Bawaslu menjalankan tugaselaksanakan aturan-aturan tegas. Para paslon juga mesti memiliki kesadaran tinggi untuk ikut melindungi rakyat. Masyarakat Indonesia juga wajib menuruti aturan-aturan yang dibuat dan disepakati.

“Jika itu dilakukan, mudah-mudahan pilkada berlangsung sukses dan masyarakat pemilih terbebas dari penularan virus,” ujarnya.

Seperti diketahui, di Jawa Barat, ada delapan daerah yang akan menggelar pesta demokrasi ini yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok. (Uwo)

Total
0
Shares
Related Posts