Kembangkan Budidaya Kopi Perhutani KPH Bandung Utara Lakukan Kerjasama Bersama LMDH - Hasanah

Kembangkan Budidaya Kopi Perhutani KPH Bandung Utara Lakukan Kerjasama Bersama LMDH

Pelaaksanaan perjanjian kerjasama perhutani KPH Bandung Utara bersama LMDH Sangkuriang dan PT Elixir Zumma Internasional di kantor KPH Bandung Utara, Senin (6/9/2021)

Hasanah.id, Bandung – Kembangkan budidaya kopi, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan  (KPH)  Bandung Utara telah sepakat melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) pengelolaan budidaya tanaman kopi bersama LMDH Sangkuriang dan PT Elixir Zumma Internasional. Hal ini diungkapkan saat penandatangan kerjasama dilaksanakan di Aula Kantor Perhutani KPH Bandung Utara, Senin (6/9) lalu.

Hadir dalam acara tersebut Administratur KPH Bandung Utara Usep Rustandi beserta jajaran, PT Elixir Zumma Internasional Iskandar Fauzi, dan Lembaga  Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sangkuriang Dadang Ahmad beserta anggota,

Administratur Perhutani KPH Bandung Utara Usep Rustandi menyebutkan ada tiga point penting yang harus dicapai dalam perjanjian kerjasama ini. Pertama,  dari sisi ekologi jangan sampai merusak alam, kedua dari sisi sosial diharapkan banyak masyarakat sekitar yang dapat menerima manfaat dari pengelolaan kopi ini dan ketiga dari sisi ekonomi tentunya usaha budidaya kopi ini harus memberikan keuntungan bagi semua pihak.

“Bicara budidaya kopi,  sebenarnya di Perhutani ini sudah banyak yang bagus.  Namun,  kami akan membuat sesuatu yang berbeda dari biasanya. Sehingga, hasil budidaya kopi di KPH Bandung Utara hasilnya luar biasa,” katanya.

Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Widyastuti  menambahkan berbeda dengan yang lainnya, jika biasanya kerjasama budidaya kopi ini dilakukan oleh dua pihak yakni Perhutani dan LMDH, kali ini menjadi tiga pihak atau tripartit. Yaitu ditambah bersama perusahaan swasta.

“Perjanjian kerjasama ini tidak sekedar berbicara budidaya kopi saja. Namun,  kedepan akan diwacanakan untuk dibuat agrowisata budidaya kopi. Mengenai waktu kerjasamanya sendiri akan berlangsung selama 2 tahun,” ungkapnya.

Asper Cisalak Iyus Rustandi berpesan dalam pelaksanaan teknisnya diharapkan budidaya kopi ini tidak menyebabkan munculnya lahan terbuka.  Sehingga menggangu stabilitas alam. Harus dipikirkan pola tanam yang baik untuk sisi ekologinya.

Sementara itu,  Ketua LMDH Sangkuriang Dadang Ahmad menyatakan dalam pelaksanaannya agar dijaga akan kelestarian lingkungan dan selalu berkoordinasi dengan LMDH. Sehingga kerjasama ini berjalan dengan lancar, aman dan saling menguntungkan berbagai pihak.

Mewakili PT Elixir Zumma Internasional Iskandar Fauzi MT menuturkan dalam kerjasama ini berharap semua pihak dapat saling koordinasi dengan baik dan siap menjaga lingkungan serta memberikan nilai tambah bagi Perum Perhutani, LMDH serta PT Elixir Zumma Internasional sebagai mitra yang berinvestasi dalam kerjasama ini.

“Tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada Perum Perhutani Bandung Utara yang mana telah memberikan kepercayan pada kami untuk kerjasama budidaya tanaman kopi,” tutupnya. (Sumber : Kom-PHT/Bdu/Dan)

Total
3
Shares
Related Posts