Membaca Buku Tanpa Harus Ke Perpustakaan, Aplikasi eLib Diluncurkan Kota Cimahi - Hasanah

Membaca Buku Tanpa Harus Ke Perpustakaan, Aplikasi eLib Diluncurkan Kota Cimahi

Pergi ke perpustakaan untuk membaca buku yang diinginkan sepertinya itu cara lama. Kini di Kota Cimahi, perpustakaan bisa diakses lewat ujung jari. Tepatnya melalui aplikasi eLib Kota Cimahi.

Aplikasi itu bisa didapatkan melalui aplikasi PlayStore untuk Android dan AppStore untuk pengguma iOS. Di dalam aplikasi tersebut, terdapat 1.000 judul buku yang bisa dipinjam secara online. Aplikasi ini juga dilengkapi dengam fitur e-Reader sehingga memudahkan membaca buku di layar ponsel pintar.

“Untuk tahun-tahun yang akan datang jumlah bukunya akan terus bertambah,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfo) Kota Cimahi Harjono, Rabu (31/7/2019).

Layaknya perpustakaan sungguhan, satu judul buku hanya bisa dipinjam maksimal oleh tiga akun sekaligus. 

Untuk bisa mendapatkan username dan password, kata Harjono, masyarakat harus mendaftarkan diri ke Perpustakaan Kota Cimahi di Jalan Daeng Moh Ardiwinata. 

Setelah itu, barulah masyarakat bisa menikmati buku lewat smartphone secara gratis.

“Saya berpikir, bagaimana caranya daftar tapi tidak harus datang ke perpustakaan. Jadi tinggal daftar online. Itu akan kami perbaiki ke depan,” kata Harjono.

Masyarakat pun bisa membaca buku lewat aplikasi setelah melakukan peminjaman, tanpa dikenakan beban kuota internet. “Ke depannya akan kami kembangkan lagi,” ujarnya.

Total
0
Shares
Related Posts